Liga Arab Mengutuk Langkah AS di Jerusalem: “Sangat Berbahaya dan Tidak Adil”

120

Liga Arab mengutuk keputusan Presiden AS Donald Trump yang mengumumkan pengakuas AS bahwa Jerusalem sebagai ibukota Israel. Liga Arab menyatakan bahwa langkah AS di Jerusalem sangat berbahaya dan tidak adil dan merupakan serangan mencolok terhadap upaya rekonsiliasi konflik Israel-Palestina selama ini.

Hal itu diungkapkan oleh Ahmed Aboul-Gheit, sekretaris jenderal Liga Arab pada awal pertemuan darurat para menteri luar negeri dari 22 negara Arab di ibu kota Mesir, Kairo, pada hari Sabtu kemarin.

Aboul-Gheit mengatakan bahwa keputusan Trump melawan hukum internasional dan menimbulkan tanda tanya atas upaya Amerika untuk mendukung perdamaian antara Palestina dan Israel.

“Pergeseran kebijakan AS merusak kepercayaan Arab dalam administrasi Trump. Langkah AS ini sama saja mendukung pencaplokan ilegal Israel atas tanah Palestina,” ungkap Sekjen Liga Arab Aboul-Gheit, seperti dilansir dari Al Jazeera, Ahad, (10/12/17).

Liga Arab memuji para pemimpin dari seluruh dunia membuat komentar serupa di hari-hari sebelum dan sesudah pengumuman Trump. Para pemimpin dunia mengatakan bahwa langkah tersebut dapat menggagalkan upaya perdamaian dan dapat memicu kekerasan baru dalam konflik Israel-Palestina.

Dalam sebuah pertemuan darurat, anggota Dewan Keamanan PBB pada hari Jumat juga melakukan kecaman atas keputusan Trump yang memicu demonstrasi mematikan di Jalur Gaza, Kota Jerusalem dan dan Tepi Barat.

Demonstrasi mengutuk langkah AS juga dilakukan di sejumlah besar negara Muslim. (DH/MTD)

Sumber : Al Jazeera


*Repelita Online merupakan wadah untuk menyalurkan ide/gagasan/opini/aspirasi warga. Setiap opini/berita yang terbit di Repelita Online yang merupakan kiriman dari penulis merupakan tanggung jawab dari Penulis.
Join @Repelita Channel on Telegram

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here