Lawatan ke Israel, Trump Bicara Perundingan Damai dengan Palestina

188

Tel Aviv – Presiden Amerika Serikat Donald Trump, tiba di Israel, Senin (22/5). Kedatangan Trump ini untuk mengupayakan kembali perundingan damai antara Israel dan Palestina.

Trump yang menumpangi pesawat kepresidenan Air Force One, mendarat di Bandara Tel Aviv, dengan disambut langsung oleh Perdana Menteri Israel benjamin Netanyahu.

Dalam pidatonya, Trump mengatakan, upaya untuk mengupayakan perundingan damai antara Israel dan Palestina, dibutuhkan kerja sama kedua negara tersebut.

“Kita hanya bisa mencapainya (perundingan damai), dengan bekerja sama. Tak ada cara lain,” kata Trump seperti dilansir dari kantor berita Reuters, Senin (22/5).

Trump mengungkapkan, kunjungan ini merupakan “kesempatan langa” untuk menciptakan perdamaian di kawasan yang sedang dilanda konflik berkepanjangan tersebut.

“Di depan kita ada kesempatan langka untuk menciptakan keamanan dan stabilitas serta perdamaian bagi wilayah ini dan bagi rakyatnya,” ujar Trump.

Sedangkan PM Netanyahu menyampaikan harapannya agar kunjungan Trump akan menjadi “terobosan bersejarah” dalam mencapai perdamaian di wilayah tersebut.

“Semoga kunjungan pertama Anda ke wilayah kami terbukti menjadi terobosan bersejarah di jalur menuju rekonsiliasi dan perdamaian,” ujar PM Netanyahu dalam pidato penyambutan Trump.

Untuk diketahui, kunjungan Trump ini merupakan kunjungan perdananya sejak menjabat sebagai Presiden AS. Trump juga dijadwalkan bertemu dengan Presiden Palestina Mahmoud Abbas.

Kunjungan ini dilakukan usai lawatan Trump selama dua hari ke Arab Saudi.

Trump menjalani tur selama sembilan hari ke Timur Tengah dan Eropa yang baru berakhir pada Sabtu depan, setelah mengunjungi Vatikan, Brussel, dan Sisilia., Aktual.com


*Repelita Online merupakan wadah untuk menyalurkan ide/gagasan/opini/aspirasi warga. Setiap opini/berita yang terbit di Repelita Online yang merupakan kiriman dari penulis merupakan tanggung jawab dari Penulis.
Join @Repelita Channel on Telegram

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here