Kronologi uang misterius puluhan juta ‘terbuang’ di saluran irigasi

262

Uang misterius senilai puluhan juta ‘terbuang’ berhamburan di salah satu salurana irigasi warga di desa batang Jawa Tengah pada Sabtu 21 November 2020.

Berdasarkan keterangan warga, uang yang berhamburan itu terdiri dari pecahan Rp50 ribu dan Rp100 ribu. Kabar penemuan uang itu beredar di media sosial. Sontak, puluhan warga buru-buru mendatangi lokasi di Desa Plumbon Kabupaten Batang.

Kabar penemuan uang misterius ini diposting di laman akun gosip @mana berita. Dalam akun tersebut, sebuah video berdurasi 30 detik itu menunjukan warga Batang mengumpulkan uang dengan pecahan Rp50 ribu dan Rp100 ribu yang mereka jemur karena basah.

Uang misterius di saluran irigasi
Uang misterius di saluran irigasi foto: instagram @manaberita

Dengan bahasa Jawa uang itu disebutkan terbuang di saluran irigasi. Total uang yang ditemukan mencapai Rp23 juta.

“Penemuan uang pecahan Rp 50 ribu dan Rp 100 ribu yang berceceran di saluran irigasi. Jumlah uang yg ditemukan warga mencapai Rp 23 juta, Jum’at (20/11/2020),” tulis akun @mana berita.

Disebutkan pula, bahwa sebelumnya pada Kamis 19 November 2020, malam di lokasi terjadi hujan deras. Hal itu membuat saluran irigasi juga mengalir cukup deras.

Kemudian pagi harinya, warga mulai menemukan uang yang berceceran di saluran irigasi.

“Ada salah satu warga yang menemukan uang Rp10 juta dalam satu ikatan,” tulis akun tersebut.

bahkan salah satu warga sudah mengambil sampel dan dibawa ke bank untuk mengecek keaslian uang tersebut dan ternyata uang tersebut benar benar asli.

Masyarakat gerusuk lokasi penemuan uang misterius

Kepala Desa Plumbon Kecamatan Limpung, Agus Tarjito mengatakan uang tersebut pertama kali ditemukan oleh Nur Khamid saat hendak pergi ke sawah.

“Pertama kali ditemukan oleh Nur Khamid sekitar jam 5 pagi saat hendak ke sawahnya,” kata dia, dilansir kumparan Sabtu 21 November 2020.

Kabar penemuan uang itu pun akhirnya sampai ke masyarakat luas dan membuat mereka berbondong-bondong mendatangi lokasi untuk mencari sisa uang yang berserakan.

Uang misterius di saluran irigasi foto: instagram @manaberita
Uang misterius di saluran irigasi foto: instagram @manaberita

“Awalnya cuma 12 petani, terus ramai jadi mungkin kira-kira ada 50 orang yang datang,” jelas dia.

Meskipun uang tersebut dalam kondisi yang kotor terkena lumpur dan basah, Nur Khamid dan warga lainnya telah memastikan keaslian uang tersebut kepada pihak bank.

Nur Khamid tetap meminta masyarakat tidak menggunakan uang tersebut karena pihaknya pun masih mencari keberadaan pemilik sah dari uang puluhan juta itu.

“Saya minta jangan diapa-apakan dulu, diamankan dulu. Saya juga sudah menghubungi desa sebelah,” kata dia.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by MANAberita (@manaberita)

Sumber Berita / Artikel Asli : Hops 

Berikan Komentar Anda :

comments

Loading...