Kota ‘Raksasa’ Muncul di Pinggir DKI, Tol Baru Siap Dibangun!

629
Foto: Suasana Proyek pembangunan PIK2 dikawasan di Dadap, Kosambi, Tangerang, Banten, Rabu, (4/8/2021). (CNBC Indonesia/ Muhammad Sabki)

Ternyata pengembangan kota baru pinggiran DKI Jakarta, tepatnya di Pantura Kabupaten Tangerang, Banten akan dilengkapi dengan pembangunan tol baru.

Pemkab Tangerang memang menyiapkan ribuan hektare lahan reklamasi untuk mendukung pengembangan perkotaan baru di pesisir Tangerang, sebagai bagian rencana tata ruang wilayah, salah satunya proyek PIK2 yang digarap Agung Sedayu Group.

Saat bersamaan, kawasan ini nantinya akan dibangun jaringan tol yang sama sekali baru yang terkoneksi dengan jaringan tol Bandara Soekarno-Hatta. Dalam dokumen Simpul KPBU kementerian PUPR, ada usulan proyek  Jalan Tol Kamal – Teluk Naga – Rajeg  sepanjang 38,6 km yang akan memotong kawasan pesisir Kabupaten Tangerang. Biaya investasi proyek ini sekitar Rp 18,51 triliun, termasuk biaya konstruksi Rp 8,68 triliun

Proyek ini adalah jalan tol lingkar utara yang bertujuan mengembangkan kawasan kabupaten Tangerang bagian utara. Ruas jalan tol ini dimulai dari Cikupa, Rajeg dan Mauk yang akan terkoneksi dengan Jalan Tol Sedyatmo atau kawasan Bandara Soekarno Hatta.

Proyek ini diprakarsai oleh PT. Duta Graha Karya. Tol ini direncanakan akan memiliki 7 interchange, 2 junction, dan 1 on ramp. Selain itu, akan terdapat 4 jembatan dan 5 underpass. Pihak pemrakarsa adalah PT Duta Graha Karya. Sampai April 2021, status proyek ini dalam persiapan lelang.

Tol akses kota baruFoto: PUPR
Tol akses kota baru

Ternyata proyek tol ini satu dari 13  rencana Kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU) (PPP Book) 2021 antara lain:

1. Jalan Tol Kamal – Teluknaga – Rajeg

2. Jembatan Batam – Bintan

3. Jalan Tol Mamminasata

4. Jalan Tol Sentul Selatan – Karawang

5. Jalan Tol Bogor – Serpong via Parung

6. Jalan Tol Gilimanuk Mengwi (penundaan lelang)

7. Penggantian Jembatan Callender Hamilton di pulau Jawa

8. Akses Patimban

9. Jalan Tol Semanan Balaraja

10. Jalan Tol Semarang – Kendal/ Semarang Harbour

11. Jalan tol Cikunir – Karawaci Elevated

12. Tol JORR Elevated Cikunir – Ulujami

13. Rusun Cisaranten Bina Harapan

Pengembangan PIK2Foto: Foto: Istimewa
Pengembangan PIK2

Seperti diketahui PIK2 dikembangkan oleh Agung Sedayu Group dan Salim Group, yang mereka namai PIK2 sebagai “The New Jakarta City”. PIK2 adalah pengembangan besar-besaran yang akan mencapai sekitar 2.650 hektare untuk kawasan bisnis hingga hunian rumah dan apartemen dan lainnya.

Dalam jangka panjang, kawasan ini dikembangkan sebagai perkotaan baru di pesisir 51 km Pantura Tangerang dengan persiapan  9.000 hektare menggunakan lahan reklamasi.

Sumber Berita / Artikel Asli : CNBC Indonesia

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here