Kewalahan Tangani Wabah, Sudah 500 Staf Medis Wuhan Positif Virus Corona

467
Corona

Tingkat infeksi virus corona (COVID-19) terhadap petugas kesehatan meningkat drastis. Bahkan, menurut laporan pertengahan Januari lalu, setidaknya ada lebih dari 500 staf rumah sakit di Wuhan yang terdampak.

Spesialis pernapasan dari Rumah Sakit Renmin Universitas Wuhan, Yu Changping juga menjadi salah satu korban yang menderita demam pada 14 Januari lalu. Dalam prosesnya, ia dipastikan tertular virus tersebut, meskipun mengaku tidak begitu yakin kapan dia terinfeksi.

“Virus ini terlalu menular. Kami tidak memiliki cukup pemahaman tentang virus,” Kata dia seperti dilansir SCMP, Selasa (11/2/2020).

Meski dilaporkan ada sekitar 500 orang yang terinfeksi. Jumlah itu nyatanya belum termasuk 600 lainnya yang diduga terinfeksi. Hal tersebut juga dikonfirmasi oleh rumah sakit besar di Wuhan.

Lebih jauh, sumber-sumber medis di kota itu juga mengkonfirmasi tingkat infeksi yang tinggi. Akan tetapi, pihaknya mengatakan, gambaran lengkap tidak dirilis ke publik.

Sejauh ini tiga kematian di antara petugas medis telah dikonfirmasi. Namun demikian, tingkat risiko infeksi yang lebih tinggi masih menghambat perjuangan untuk mencegah virus tersebut.

Pemerintah setempat sebenarnya juga telah melaporkan kasus-kasus individual dari petugas kesehatan yang terinfeksi. Tetapi tetap, gambaran tersebut masih bukan untuk konsumsi publik.

Alasan dekrit tersebut tidak dijelaskan, dikarenakan pihak berwenang yang berusaha untuk meningkatkan moral di antara staf medis. Terutama, setelah banyak petugas penting kesehatan yang menjadi korban. wartaekonomi

Partner Sindikasi Konten: Republika

Berikan Komentar Anda :

comments

Loading...