Ketimpangan Jawa-Luar Jawa Masih Terjadi

205
Ketua MPR Zulkifli Hasan membacakan teks Pancasila dalam upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya. Foto via humas MPR.

Ketua MPR Zulkifli Hasan menerima audiensi dan pengaduan aspirasi dari Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan Pesisir Seluruh Indonesia (Aspekindo). Kedatangan Aspekindo dipimpin Wakil Bupati Selayar Zainuddin, Wakil Bupati Lombok Utara Sarifuddin dan jajaran Himpunan Masyarakat Pesisir Indonesia.

Zainuddin menyampaikan kehadiran Aspekindo menemui Ketua MPR adalah menyampaikan suara masyarakat pesisir yang selama ini merasa terpinggirkan.

“Kami memutuskan bertemu Pak Zulkifli Hasan karena selama ini kami membaca sikap bapak yang perjuangkan pemerataan. Itu yang didambakan masyarakat pesisir,” kata Zainuddin di gedung MPR, Senayan, Jakarta, Selasa (14/11).

Zainuddin menyampaikan perjuangan masyarakat pesisir untuk sejahtera bukan tanpa halangan.

“Pesisir dan laut itu kekayaan. Anggaran yang diberikan harus berimbang jangan timpang di Jawa saja,” kata Zainuddin.

Menanggapi aspirasi masyarakat pesisir, Ketua MPR Zulkifli Hasan mengungkapan bahwa ketimpangan masih terjadi khususnya antara Pulau Jawa dan luar Jawa serta kepulauan dan daratan.

Ia menyebutkan bahwa Produk Domestik Bruto (PDB) di Pulau Jawa mencapai 62 persen. Sementara di Sumatera hanya 20 persen dan sisanya tersebar di berbagai daerah di Indonesia.

Untuk itu, Zulkifli Hasan mengatakan bahwa perlu ada langkah dan kebijakan yang tepat untuk mewujudkan kesetaraan di Tanah Air.

“Sebagai negara kesatuan Republik Indonesia, kita harus punya jiwa setara dan sepenanggungan. Inilah semangat dan inti nilai Persatuan Indonesia,” demikian Zulkifli.

(san/rm/pojoksatu)


*Repelita Online merupakan wadah untuk menyalurkan ide/gagasan/opini/aspirasi warga. Setiap opini/berita yang terbit di Repelita Online yang merupakan kiriman dari penulis merupakan tanggung jawab dari Penulis.
Join @Repelita Channel on Telegram

comments

Loading...
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here