Kenapa Jokowi Lebih Percaya Luhut ketimbang Airlangga? Konon Inilah Alasannya

427
Jokowi

JAKARTA – Pengamat politik Ujang Komarudin melihat Presiden Jokowi lebih nyaman dengan Luhut Binsar Panjaitan dibanding Airlangga Hartarto. Hal itulah yang membuat Presiden Jokowi memilih Luhut menggantikan Airlangga untuk memimpin proyek kereta api cepat Jakarta-Bandung.

“Luhut dan Jokowi itu teman lama. Teman sebulum dia jadi gubernur dan presiden. Teman bisnis ketika Jokowi jadi wali kota. Luhut sangat kuat positioning-nya di mata Jokowi. Jadi apa yang Luhut minta diberi Jokowi,” kata dia saat dihubungi, Minggu (10/10).

Oleh karena pengalaman itu, pria yang akrab disapa Kang Ujang itu menilai wajar Luhut memiliki kewenangan yang lebih luas di pemerintahan dibanding Ketua Umum Golkar itu

“Mungkin karena Luhut lebih senior dan sudah lama berkawan dengan Jokowi dibandingkan dengan Airlangga. Dan mungkin juga dengan adanya Luhut, Jokowi jadi tenang,” kata dia.

Meski demikian, Direktur Eksekutif Indonesia Political Review itu melihat penunjukan Luhut menggantikan Airlangga bukan sebagai bentuk penyingkiran. Dia menilai baik Luhut dan Airlangga sudah banyak menerima dari pemerintahan Jokowi.

“Justru Luhut dan Airlangga menang banyak, karena kedua tokoh Golkar tersebut diberi wewenang dan kepercayaan dari Jokowi soal penanganan PPKM, baik di Jawa maupun luar Jawa,” kata dia.

Sumber Berita / Artikel Asli : (tan/jpnn)

 

Berikan Komentar Anda

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here