Kapuspen TNI Mayjen Sisriadi: Pemilik Asli Plat Dinas TNI 3005-00 Teregister di Denma Mabes TNI

635

Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI, Mayjen Sisriadi menjelaskan bahwa plat bernomor 3005-00 yang melekat pada mobil bermerk Mitsubishi Pajero saat kampanye Paslon nomor urut 02, Prabowo-Sandiaga, teregister di Detasemen Markas (Denma) Mabes TNI.

Sisriadi mengatakan terdapat kode yang menunjukkan di bagian mana pemilik mobil itu ditempatkan saat berdinas. Hal itu diketahuinya berdasarkan kode terakhir yang tertera di plat mobil tersebut, yakni 00.

“00 itu kode terkahir. Memang ada kode terentu. Seperti mobil dinas saya, di belakangnya adalah 03. 03 itu (kode) Puspen. Kalau di belakang itu 00, itu Mabes TNI, Detasemen Markas (Denma). Itu (berdasarkan) urutan nomor urut,” ungkap Sisriadi di Kantor Puspen TNI, Cipayung, Jakarta Timur, Jumat (22/3).

Berdasarkan nomor plat tersebut, sambung Sisriadi, pihaknya nanti akan mencari siapa oknum yang melakukan penyimpangan dengan cara melekatkan plat dinas TNI di kendaraan yang tidak sesuai dengan nomor registrasinya.

Diketahui bahwa kode 3005 seharusnya melekat pada mobil bermerek Mitsubishi Lancer, bukan Mitsubishi Pajero seperti yang terlihat pada video yang viral di dunia maya.

“Jadi memang untuk kendaraan militer itu digunakan oleh pejabat-pejabat tertentu, jadi terdata semua sesuai dengan peruntukkan yang ada. Jadi ya bisa juga sampai level pamen, memang ada batasan-batasan sesuai dengan jabatan,” ucapnya.

Ia menjelaskan saat ini mobil Mitsubishi Lancer berplat dinas TNI yang asli berada di berada di Mabes TNI.

Sementara itu, Danpom TNI Mayjen Dedy Iswanto mengatakan hingga kini pihaknya masih melakukan penyelidikan terkait dugaan penyimpangan tersebut.

“Yang paling penting adalah data registarasinya itu dulu. Kita mengetahui siapa yang memiliki, jadi kita periksa yang berwenang dan berkewajiban mengeluarkan nomor itu. Secepatnya akan kami proses,” kata Dedy.

.tribunnews

Berikan Komentar Anda :

comments

Loading...