Kapal Sitaan Senilai Rp3,6 T Diserahkan, Mahathir: Terima Kasih Jokowi

548

KUALA LUMPUR,– Kapal supermewah milik mantan penasihat keuangan 1Malaysia Development Berhad (1MDB), Low Taek Jho alias Jho Low yang disita kepolisian Indonesia di Tanjung Benoa, Bali, diserahkan ke pemerintah Malaysia, Senin (6/8/2018).

Kepolisian menyita kapal bernama Equanimity ini atas permintaan Kementerian Kehakiman AS yang juga menyelidiki skandal 1MDB.

Kapal senilai 250 juta dolar AS atau sekitar Rp3,6 triliun itu diduga sebagai hasil praktik pencucian uang skandal 1MDB yang juga melibatkan nama mantan Perdana Menteri Najib Razak.

Mahathir mengatakan, penyerahan kapal Equanimity ini semakin memperkuat penyelidikan skandal korupsi Najib Razak.

“Kami senang karena kapal Equanimity diserahkan kepada kami dari Indonesia,” kata Mahathir, di akun Facebook-nya. Mahathir saat ini berada di Jepang.

Dia juga menyampaikan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) atas kerja samanya.

Juru bicara perdana menteri mengatakan, kapal akan tiba di Pelabuhan Klang, di sebelah barat Kuala Lumpur, dalam 48 jam. Hari ini Equanimity sudah berada di perairan Batam, Kepulauan Riau, setelah menempuh perjalanan dari Bali sejak Kamis lalu.

Dalam gugatan, Kementerian Kehakiman AS menyebut para pejabat 1MDB serta pihak lain menyalahgunakan dana 4,5 miliar dolar atau sekitar Rp64,1 triliun. Kementerian juga mengungkap aset senilai 1,7 miliar dolar dibeli menggunakan uang 1MDB, termasuk salah satunya kapal milik Jho Low. iNews.id 

Berikan Komentar Anda :

comments

Loading...