Kampanye Jokowi dari Hasil Tanah Prabowo, PDIP Bilang Begini

643
Eva Sundari

Partai Gerindra mengungkap jika hasil pengelolaan lahan 340.000 hektare yang dikuasai Prabowo Subianto turut dinikmati Joko Widodo (Jokowi). Mereka menyebut dana itu digunakan untuk kampanye Jokowi saat maju sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Sekretaris Badan Pelatihan dan Pendidikan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Eva Sundari menilai bahwa itu hanyalah dalih kubu Prabowo atas fakta yang ada. Poin utama dalam masalah ini, kata Eva, yaitu penguasaan lahan yang begitu besar.

“Apapun kilahnya, tidak menghilangkan fakta bahwa beliau (Prabowo) pegang HGU (hak guna usaha) maha luas yang menyebabkan gini indeks ratio penguasaan tanah jadi nggak adil,” ujar Eva kepada wartawan, Rabu (20/2).

Eva menuturkan, seharusnya Prabowo sadar menjadi bagian dari persoalan pengelolaan tanah negara. Bukan malah mengkritik Jokowi atas kebijakan reformasi agraria yang tertuang dalam Perpres Nomor 86 Tahun 2018.

“Pak Prabowo nggak legitimate menyoal, karena dia bagian dari persoalan. Bagusnya malah mendukung kebijakan land reform pak Jokowi, bukan malah lempar batu sembunyi tangan, padahal batu yang lain masih di tangan,” imbuhnya.

Adapun soal logistik kampanye Jokowi di Pilgub DKI Jakarta, ungkapk Eva, itu merupakan kesepakatan bersama antar koalisi. Prabowo sendiri pun banyak merasakan keuntungan. Sebab, dari kampanye Jokowi-Basuki Tjahaja Purnama turut mengkampanyekan dia sebagai Capres.

“Soal biaya kampanye pilkada 2014 kan kesepakatan, lagian kan habis untuk biaya iklan tentang pak Prabowo sendiri zaman itu. Jadi penerima manfaat terbesar pak Prabowo,” pungkas Eva.

Sebelumnya, Pernyataan Joko Widodo (Jokowi) soal kepemilikan lahan Prabowo Subianto seluas ratusan ribu hektare terus menuai protes dari kubu oposisi. Bahkan Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Edhy Prabowo mengingatkan, dari bisnis 320 ribu hektar lahan itu, Prabowo telah membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar dan membiayai pilkada Jokowi.

“Dari usaha kelola lahan tersebut, banyak warga yang dipekerjakan, banyak anak-anak yang disekolahkan, banyak kontribusi untuk lingkungan sekitar. Perlu diketahui bersama, salah satu keuntungan usaha kelola lahan tersebut adalah untuk membiayai kampanye Pak Jokowi saat Pilgub DKI tahun 2012 lalu yang jumlahnya sangat besar,” kata Edhy dalam keterangannya, Selasa (19/2). [jpg]

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here