Jokowi Unggul di Facebook, Prabowo Menangi Instagram dan Twitter

375

JAKARTA – Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA merilis survei elektabilitas bakal calon presiden dan wakil presiden dari pengguna media sosial (medsos). Tiga platform medos terbesar yang diteliti yakni Facebook, Twitter, dan Instagram.

Pada Facebook, sebanyak 28 persen responden menggunakan medsos ini, sedangkan 72 persen lainnya tidak. Dari 28 persen responden tersebut, pasangan Joko Widodo- Maruf Amin unggul atas Prabowo Subianto- Sandiaga Salahuddin Uno.

“Dari segmen pengguna Facebook, Pak Jokowi-Kiai Maruf meraih 41,6 persen pemilih dibanding Prabowo-Sandi sebesar 39,4 persen. Pemilih yang belum atau tidak menjawab 19 persen,” ujar pembicara LSI Ardian Sopa di Kantor LSI Dennya JA, Jakarta Timur, Rabu (5/9/2018).

Sementara pada responden pengguna Instagram, persentase pengguna mencapai 16,1 persen dan 83,9 persen tidak menggunakannya. Pada Instagram, pendukung Prabowo-Sandi unggul.

“Prabowo-Sandi memperoleh suara 42 persen dibandingkan dengan Jokowi-Maruf sebesar 40,9 persen. Kemudian pengguna yang tidak memilih atau belum menjawab sebesar 17,1 persen,” ujarnya.

Adapun untuk pengguna Twitter, 6,4 persen responden menggunakan medsos tersebut dan 93,6 persen lainnya tidak. Sama seperti Instagram, di platform medsos ini Prabowo-Sandi meraih 40 persen suara dibanding Jokowi-Maruf sebanyak 34,3 persen.

”Kemudian untuk yang tidak menjawab sebesar 25,7 persen,” ujarnya.

Dia juga menyimpulkan bahwa dari tiga medsos terbesar yang banyak digunakan masyarakat Indonesia, Jokowi-Maruf unggul di Facebook, sedangkan Prabowo-Sandi unggul di Twitter dan Instagram.

Survei LSI Denny JA menggunakan metodologi survei multistage random sampling dengan jumlah responden 1.200 responden. Pengumpulan data dilakukan 12 – 19 Agustus 2018. Survei juga menggunakan wawancara tatap muka responden menggunakan kuesioner dengan margin of error 2,9 persen. Pengumpulan data juga dilengkapi dengan focus group discussion (FGD), analisis media dan indepth interview., iNews.id 

Comments

comments