Jokowi punya utang budi ke Luhut, ternyata…

458
Luhut Binsar Pandjaitan / Jokowi

Sebagian publik melihat hubungan penasaran kok Luhut Pandjaitan nyaris selalu jadi andalan Presiden Jokowi ya. Kok segitunya Luhut dipercaya Jokowi berbagai kepentingan yang strategis, mulai dari soal investasi sampai pandemi Covid-19. Apakah Jokowi punya utang budi pada Luhut ya?

Luhut blak-blakan saja soal apakah hubungannya dengan Jokowi ini lebih dari sekadar teman. Sebab beberapa kali Luhut mengatakan kolaborasinya dengan Jokowi itu bermula dari usaha mebel bersama.

Jokowi utang budi ke Luhut?

Presiden Jokowi dan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan. Foto: Antara
Presiden Jokowi dan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan. Foto: Antara

Nah Luhut mengatakan tak punya hubungan khusus dengan Jokowi lho. Sebagai teman iya, tapi di luar itu sih biasa saja. Luhut membantah soal Jokowi utang budi kepadanya sehingga dia terus jadi andalan Presiden.

“Nggak ada (Jokowi hutang budi ke Luhut). Kami nggak ada hutang budi satu sama lain. Saya kenal dari awal lihat beliau ini sederhana. Saya pikir boleh juga ya (orang ini/Jokowi)” katanya dalam wawancara Kick Andy beberapa waktu lalu.

Luhut mengatakan bukan cuma dia saja terkesima dan kagum dengan kinerja dan sosok pribadi Jokowi. Pensiunan jenderal TNI itu mengatakan mendiskusikan soal profil Jokowi dengan teman jenderal seangkatannya.

Ternyata kolega dan kawan Luhut juga punya ketakjuban yang sama dengan sosok Jokowi tersebut.

“Kami ngomong pak Jokowi paten juga ini. kesederhanaannya, kami lihat di Solo,” ujar Luhut.

Selanjutnya Luhut mengingat kembali pertemuan atau perkenalan pertama dengan Jokowi. Seingatnya, dia kenal Jokowi pada awal jadi kepala daerah di Surakarta.

“Kenalnya saat mau Wali kota atau baru wali kota itu. Saya pikir kami teman, lihat bapak ini hebat juga ya,” jelasnya

Luhut menteri segala urusan

Luhut Pandjaitan dan Presiden Jokowi
Luhut Pandjaitan dan Presiden Jokowi. Foto Instagram @luhut.pandjaitan

Luhut menjelaskan sebagian masyarakat belum paham dengan posisinya sebagai menteri koordinator. Makanya dia santai saja masyarakat menjulukinya menteri segala urusan atau perdana menteri.

Lucunya juga, cibiran atau julukan itu juga jadi perbincangan di kalangan keluarga Luhut lho.

“Saya dengar (soal julukan menteri segala urusan) dari teman, istri dan anak saya juga cerita. Jadi kadang orang tak paham, saya Menko dari bidang kemaritiman dan investasi, ada tujuh kementerian di bawah saya,” jelasnya dalam program Double Check Kick Andy, dikutip Senin 26 Juli 2021.

Untuk diketahui tujuh kementerian yang ada di bawah koordinasi Luhut adalah Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Perhubungan, Kementerian Agraria, Kementerian ESDM, Kementerian Investasi, Kementerian PUPR dan Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup.

Nah Luhut menjelaskan dalam menjalankan program di wilayah koordinasinya butuh integrasi

“Dalam proses penyelesaian masalah, itu kita tak bekerja secara terintegrasi, PUPR itu di bawah saya kan, jalan tol kan bukan cuma PUPR, pasti ada ATR, itu kan di bawah saya. Ada Pemda saya undang dan seterusnya, dengan begitu penyelesaian tuntas,” kata dia.

Sumber Berita / Artikel Asli : HOPS

Berikan Komentar Anda

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here