Jokowi Klaim 85 Persen Masyarakat Puas Pengelolaan Dana Desa

258

Jakarta — Presiden Joko Widodo mengklaim program dana desa yang ia gulirkan disambut baik masyarakat desa. Klaim itu berdasarkan survei internal. Jokowi menyatakan hal itu yang membuatnya terus meningkatkan anggaran dana desa setiap tahun.

“Bukan karena apa-apa. Dari hasil survei yang kita lakukan, 85 persen masyarakat puas terhadap pengelolaan dana desa dan bermanfaat bagi masyarakat dan desa,” ucap Jokowi, Jumat (4/1).

Berdasarkan keterangan resmi, hal itu disampaikan Jokowi dalam sosialisasi dana desa kepada pendamping dan perangkat desa di alun-alun Trenggalek, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, hari ini.

Presiden kembali menyebutkan besaran dan peningkatan dana desa sejak 2015. Tiga tahun lalu, dana desa dikucurkan Rp20,7 triliun. Angka itu meningkat menjadi Rp47 triliun pada 2016.

Pada 2017 hingga 2018, pemerintah mengucurkan Rp60 triliun untuk dana desa. Tahun ini, anggaran meningkat Rp10 triliun menjadi Rp70 triliun. Angka itu belum termasuk Rp3 triliun khusus untuk dana kelurahan.

Oleh sebab itu, ia menginstruksikan para kepala desa serta pendamping dana desa mulai memprioritaskan anggaran pada pemberdayaan ekonomi dan pengembangan inovasi desa.

“Kemarin dalam empat tahun lebih konsentrasi pada infrastruktur. Tetapi mulai tahun ini digeser. Tidak semua, tapi mulai digeser kepada pemberdayaan ekonomi. Digeser kepada inovasi-inovasi yang baru,” ucap mantan Wali Kota Solo ini.

Turut hadir mendampingi Jokowi, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri PU dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Gubernur Jawa Timur Soekarwo, Bupati Trenggalek Emil Dardak, dan Wakil Bupati Trenggalek Muhammad Nur Arifin., CNN Indonesia

Berikan Komentar Anda :

comments

Loading...