Jelang Tengah Malam, Koalisi Prabowo Masih Rapat Bahas Cawapres

131
Wakil Ketua Umum PAN Hanafi Rais

Jakarta – Siapa nama calon wakil presiden (cawapres) bagi Prabowo Subianto masih abu-abu hingga tengah malam di H-1 pendaftaran ke KPU. PAN–sebagai salah satu partai politik mitra koalisi–menyebut rangkaian rapat masih akan dilakukan untuk menyepakati cawapres bagi Ketua Umum Partai Gerindra itu.

“Kalau internal partai, partinya Pak Zul (Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan) kader, ketum. Nah habis ini, kita akan bicara dengan 3 koalisi dengan Gerindra, PKS, Demokrat. Nama-nama yang dari kita ini bagaimana? Apa bisa dicapai konsensus?” kata Wakil Ketua Umum PAN Hanafi Rais kepada wartawan di Hotel Sultan, Jakarta, Kamis (9/8/2018).

Hanafi menyampaikan hal itu usai Rakernas PAN di Hotel Sultan. Dalam Rakernas itu, ada 2 nama yang diusung PAN sebagai cawapres bagi Prabowo yaitu Zulkifli dan satu lagi adalah Abdul Somad Batubara yang juga didukung ijtimak ulama.

Apabila 2 nama yang diusung PAN itu tidak disepakati koalisi, maka menurut Hanafi, tingkat akseptabilitas bakal menjadi ukuran. Namun Hanafi tidak menyebut siapa kira-kira cawapres yang memenuhi unsur itu di luar 2 nama hasil Rakernas itu.

“Kalau nggak, ya sudah, kita lihat siapa yang paling banyak akseptabilitas tinggi untuk partai. Ini Demokrat, PAN, PKS, Gerindra. Saya kira ini dalam proses menentukan siapa yang terbaik menurut keempat parpol,” kata Hanafi.

Bila koalisi seberang menyebut duet Joko Widodo (Jokowi) dan Ma’ruf Amin sebagai paduan nasionalis-religius, maka Hanafi lebih mengedepankan konsep kebangsaan bagi Prabowo dan cawapresnya nanti. Hanafi pun pamit undur diri karena ingin menuju ke kediaman Prabowo untuk membahas tentang cawapres.

“Soal cawapres kita akan bicarakan bareng- bareng mungkin di Kertanegara, ini saya mau ke sana,” ucap Hanafi.
(zap/dhn) detik

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.