Jawab Prabowo, Menkes Beberkan Nilai Fantastis Gaji Dokter RI

88
Menteri Kesehatan, Nila F Moeloek

Menteri Kesehatan, Nila Moeloek merespons keras pernyatan Calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto bahwa gaji dokter lebih kecil dibandingkan dengan pendapatan gaji juru parkir mobil.

Dia pun membeberkan, berdasarkan data Kementerian Kesehatan, gaji untuk dokter program Nusantara Sehat saja bisa mencapai Rp11,2 juta per bulan.

Program tersebut diketahui telah diselenggarakan Kementerian Kesehatan sejak 2015, untuk mendistribusikan dokter ke daerah-daerah. Khususnya, ke pusat kesehatan masyarakat atau puskesmas.

Program itu dirancang untuk mendukung pelaksanaan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan Kartu Indonesia Sehat (KIS). Yang diutamakan oleh pemerintah, guna menciptakan masyarakat sehat yang mandiri dan berkeadilan.

“Gaji saya dokter, tapi lebih besar kok dari juru parkir. Sekarang, tukang parkir berapa sih? Terus kedua, dokter itu selain gaji dia bisa praktik, di tiga tempat lagi. Wah, banyak kolega saya yang gajinya besar, kalau lihat dari pajaknya gede-gede,” kata Nila, saat ditemui di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Selasa 15 Januari 2019.

Nila pun menegaskan, secara umum kehidupan dokter itu pada dasarnya sudah sejahtera. Hal itu, karena pekerjaan yang digelutinya berdasarkan keahlian khusus yang telah dimilikinya.

Dengan demikian, menurut dia, dokter bisa melakukan pekerjaannya di mana pun. Di samping juga sangat dibutuhkan oleh siapapun, sehingga bisa memperoleh pendapatan yang besar ketimbang juru parkir mobil.

“Saya ikut Nusantara Sehat, itu dokter itu sudah Rp11 juta. Kalau saya, spesial ikut kerja yang spesialis di daerah Rp30 juta dari Kementerian Kesehatan doang. Belum dari kabupaten, pemda, belum dia praktik. Makanya, cari pacar dokter aja deh,” ungkap Nila.

Sebelumnya, gaji dokter itu disinggung Prabowo dalam pidato kebangsaan yang disampaikannya di Jakarta Convention Center, Senin malam, 14 Januari 2019.

Prabowo Subianto berjanji akan meningkatkan taraf hidup dan gaji bagi profesi yang sehari-hari langsung bersentuhan dengan rakyat seperti, Jaksa, Hakim, Anggota Kepolisian, Tentara Nasional Indonesia, hingga layanan kesehatan dan pendidikan.

“Sekarang, banyak dokter kita, gajinya lebih kecil dari tukang jaga parkir mobil,” kata Prabowo. (asp) viva

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.