Jaga Perdamaian Negeri, Para Pemimpin Redaksi Media Siber Deklarasikan IPSI

498

Sebanyak lebih dari 49 ribu media siber tersebar di Indonesia. Artinya, pemimpin redaksi sebagai penanggung jawab terciptanya suasana damai di dalam negeri memiliki tugas yang tidak kecil.

Diperlukan wadah khusus untuk menyatukan ikatan emosional dan hati para pemimpin redaksi untuk menjaga amanah tersebut.

Begitu kata Ketua Dewan Penasehat Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) DKI Jakarta, Endang Werdiningsih saat mendeklarasikan pendirian Ikatan Pemimpin Redaksi Media Siber Indonesia (IPSI) di kantor PWI DKI Jakarta, Rabu (9/8).

“Jika ada 1.000 pemimpin redaksi yang tergabung dalam IPSI dan menjalankan amanah dari tujuan ikatan tersebut, maka kita akan ikut menciptakan suasana damai di negeri tercinta ini,” ungkap Ketua PWI DKI Jaya itu.

Endang menjelaskan bahwa pemberian nama IPSI tak lain karena diharapkan akan ada ikatan emosional, ikatan di hati sesama pemimpin redaksi untuk saling mengisi.

Dalam deklarasi ini, Endang didaulat sebagai Ketua Umum IPSI. Sementara anggota Dewan Penasehat SMSI DKI Jakarta, Budi Purnomo menjadi Sekretaris Jenderal IPSI. Adapun kepengurusan lain akan diumumkan saat acara syukuran dan pengukuhan yang akan digelar dalam waktu dekat.

“Terima kasih kepada seluruh perwakilan media siber yang sudah hadir di sini. Pada kesempatan ini tanggal 9 Agustus 2017, saya selaku Ketua PWI Jaya dan Ketua Umum IPSI akan mendeklarasikan perkumpulan ini, dan mohon doa restunya agar berjalan dengan baik,” tandas Endang.

IPSI nantinya akan mengarahkan para jurnalis di bawah pimpinan pemimpin redaksi anggota IPSI untuk menulis berita sesuai kode etik jurnalistik dan UU 40/1999 tentang pers.

IPSI juga akan meluruskan setiap informasi hoax, maupun pemberitaan yang berisi hasutan, fitnah, dan menyakiti hati orang lain yang diunggah di media sosial.

IPSI akan menjadi ajang sharing perkembangan media siber dunia, baik berkaitan dengan teknologi informasi (TI) maupun konten.

IPSI juga akan menjadi ajang komunikasi antara pemimpin redaksi tentang trend pemberitaan maupun topik berita yang berkembang di masyarakat. Termasuk menciptakan Indonesia yang damai lewat pemberitaan. [ian/rmol]


*Repelita Online merupakan wadah untuk menyalurkan ide/gagasan/opini/aspirasi warga. Setiap opini/berita yang terbit di Repelita Online yang merupakan kiriman dari penulis merupakan tanggung jawab dari Penulis.
Join @Repelita Channel on Telegram

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here