Iran : Hubungan Baik dengan Arab Saudi Mungkin Terjadi Jika Mereka Berubah

156

Repelita.com : Presiden Hassan Rouhani mengatakan bahwa Iran siap untuk memulihkan hubungan dengan Arab Saudi jika mereka mau menghentikan serangan militer di Yaman yang menargetkan kelompok militan Houthi yang setia kepada Iran.

Iran juga menyebut Arab Saudi diam-diam memiliki hubungan dengan Israel.

Dalam sebuah pidato yang disiarkan pada hari Minggu, Rouhani mengatakan bahwa rival regional dapat memiliki “hubungan baik” jika Saudi mengakhiri “persahabatan palsu” mereka dengan Israel dan menghentikan “pemboman tidak manusiawi” Yaman, di mana sebuah koalisi pimpinan-Arab sedang memerangi pemberontak yang setia dengan Iran dikenal sebagai Houthi.

Arab Saudi memutuskan hubungan diplomatik dengan Iran pada Januari 2016 setelah para demonstran Iran menyerang kantor diplomatik Saudi di Terehan sebagai tanggapan atas eksekusi seorang ulama Syia’h Arab Saudi.

Ketegangan antara Iran-Saudi meningkat kembali setelah bulan lalu milisi Houthi melancarkan serangan rudal balistik ke kota Riyadh. Serangan rudal tersebut berhasil dicegat oleh pasukan keamanan udara Arab Saudi.

Iran menyebut Arab Saudi memang tidak mengakui Israel, namun kedua negara memiliki kepentingan bersama dalam memusuhi Iran.

Sumber : Daily Sabah
Redaktur : Hermanto Deli


*Repelita Online merupakan wadah untuk menyalurkan ide/gagasan/opini/aspirasi warga. Setiap opini/berita yang terbit di Repelita Online yang merupakan kiriman dari penulis merupakan tanggung jawab dari Penulis.
Join @Repelita Channel on Telegram

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here