Humas Taliban Coba Yakinkan Rakyat Afghanistan, Sampaikan Pesan Hidup Kembali Normal

204

Dalam beberapa hari terakhir, kru TV dari Studio Al-Emarah Afghanistan, yang memproduksi konten pro-Taliban, turun ke jalan-jalan di Kabul untuk berbicara kepada rakyat Afghanistan dengan pesan-pesan yang meyakinkan kehidupan kembali normal.

“Seberapa percaya diri Anda?” tanya seorang pewawancara dengan mikrofon Al-Emarah di pusat kota Kabul, dikutip dari Reuters, Minggu, 22 Agustus 2021.

“100 persen. Keamanan bagus, tidak ada pencuri kami sangat senang,” jawab salah seorang dalam video tersebut.

Hubungan masyarakat (humas) Taliban saat ini menjadi ujian terberat dalam komunikasi untuk meyakinkan dan menenangkan rakyat Afghanistan.

Wawancara TV Al-Emarah adalah langkah kecil untuk mencoba memenangkan kembali kendali atas pesan tersebut.

Pada Sabtu, 21 Agustus 2021, beberapa juru bicara Taliban turun ke studio televisi untuk meyakinkan penduduk bahwa jalan-jalan aman.

Pada hari yang sama, Mullah Abdul Ghani Baradar, pemimpin politik Taliban di Afghanistan, tiba di Kabul untuk membentuk pasukan polisi.

 

Akan tetapi, menyampaikan pesan terbukti lebih sulit sejak Taliban menaklukkan Afghanistan daripada memerangi pemberontakan melawan angkatan bersenjata lokal yang didukung asing dan AS.

Menurut laporan banyak orang Afghanistan memperlakukan pesan-pesan itu dengan jijik. Taliban telah dipersalahkan atas ribuan kematian warga sipil dalam serangan senjata dan bom bunuh diri selama 20 tahun terakhir.

Di luar AfghanistanTaliban juga mencoba untuk meyakinkan masyarakat internasional bahwa mereka akan menghormati hak-hak rakyat dan pasukannya tidak akan membalas dendam pada anggota pemerintah dan pasukan keamanan.***

Sumber Berita / Artikel Asli : Pikiran Rakyat

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here