HOT NEWS: Sewa Garuda Indonesia, Ratusan Warga Taiwan Tinggalkan Indonesia

325
Garuda

JAKARTA – Demi menghindari penularan Covid-19 yang masih tinggi di Indonesia, 122 warga Taiwan dilaporkan dievakuasi pulang menggunakan penerbangan carter pada Minggu (8/8) malam.

Taipei Times melaporkan, ratusan warga Taiwan itu pulang menggunakan pesawat maskapai Garuda Indonesia dan tiba di Bandara Internasional Taoyuan pada pukul 22.55 waktu lokal.

“Setibanya di Taiwan, ratusan penumpang itu akan menjalani isolasi di fasilitas karantina yang ditunjuk pemerintah,” kata Kepala Layanan Konsuler Kantor Ekonomi dan Perdagangan Taiwan (TETO) di Jakarta, Brian Ko, Selasa (10/8/2021).

Sementara itu, kata Ko, 16 kru pesawat tetap berada di pesawat untuk penerbangan kembali ke Indonesia satu jam setelah kedatangan.

Kantor TETO di Jakarta disebut telah memberikan daftar nama penumpang kepada Kementerian Luar Negeri Taiwan, Badan Imigrasi Nasional, dan Kementerian Kesehatan, dan Kesejahteraan untuk membantu mengatur fasilitas karantina.

Taiwan sendiri sejak Juni lalu telah menetapkan Indonesia sebagai negara berisiko tinggi penularan Covid-19. Sejak itu, pemerintahan Presiden Tsai Ing-wen menerapkan aturan karantina lebih ketat untuk pendatang yang telah mengunjungi atau transit melalui Indonesia dalam 14 hari sebelumnya.

Sementara itu, Garuda Indonesia sendiri sudah tidak membuka penerbangan ke Taiwan sejak 2014 karena volume penumpang yang rendah.

Namun, maskapai pelat merah itu setuju mengantarkan 122 warga Taiwan pulang setelah Administrasi Penerbangan Sipil menyetujui aplikasinya untuk melakukan penerbangan charter.

Sebuah pusat layanan yang didirikan di Indonesia oleh TETO menyatakan pihaknya tengah merencanakan membuka penerbangan evakuasi gelombang kedua bagi warga Taiwan di Indonesia.

Sumber Berita / Artikel Asli :  (der/fin)

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here