HOT NEWS: Proyek Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung Direncanakan Akan Diaudit, Said Didu Sebut Keterlibatan China

499
Jokowi, Kereta Cepat

– Mantan sekretaris kementerian BUMN, Muhammad Said Didu, menyebutkan adanya keterlibatan China dalam uji kelayakan proyek kereta api cepat JakartaBandung.

Pada saat ini, Komisi VI DPR meminta supaya proyek kereta api cepat JakartaBandung perlu diaudit.

Menurut Muhammad Said Didu, aspek yang harus diaudit yaitu tentang kelaikan secara teknis dan kelayakan untuk digunakan masyarakat.

Sebelumnya, ketika proyek kereta cepat JakartaBandung akan dilakukan, pihak Jepang datang untuk menguji kelayakan dari kereta cepat JakartaBandung.

“Ada dua uji kelayakan yang dilakukan Jepang yaitu kereta cepat Jakarta-Surabaya dan JakartaBandungJepang berujar jika yang layak yaitu kereta cepat Jakarta-Surabaya,” kata Said Didu dikutip Pikiran-Rakyat.com dari YouTube MSD.

Namun, dikatakan lebih lanjut oleh Said Didu, usai uji kelayakan yang dilakukan JepangChina muncul dengan pendapat yang berbeda.

“Tahu-tahu datang China menyatakan kalau ke Bandung masih layak. Nah, saya masih ingat ibu Rini Suwandi muncul menjelaskan bahwa itu harus satu tujuan dengan kawasan pengembangan yaitu Kota Walini dan Meikarta,” ujar Said Didu.

Said Didu mengatakan lebih lanjut jika proyek Meikarta adalah tipu-tipu.

Oleh karena itu, ketika proyek kereta api cepat JakartaBandung dan Meikarta disebut satu tujuan, Said Didu menilai audit harus dilaksanakan.

“Alasan harus diaudit yaitu karena ini namanya penipuan yang merugikan negara dan rakyat,” ujar Said Didu.***

Sumber Berita / Artikel Asli : Pikiran Rakyat

Berikan Komentar Anda

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here