Heboh simbol sila keempat Pancasila jadi logo PDIP, faktanya begini

546

Media sosial dan media daring sedang heboh soal lambang sila keempat Pancasila kok diganti logo PDIP. Ini sedang viral dan ramai lho, bagaimana faktanya sih?

Jadi sebelumnya ada narasi di Twitter yang mengatakan logo sila keempat Pancasila diganti dengan logo PDIP. Narasi itu menginformasikan logo PDIp pada lambang sila keempat itu terjadi pada siaran televisi lokal Surabaya, SBO TV pada program GURUku kelas 1 SD yang tayang 8 September 2020.

Narasi logo PDIP

PDI Perjuangan
PDI Perjuangan. Foto Instagram @pdiperjuangan

Tayangan tersebut mengulas bunyi sila Pancasila dan simbolnya kelima sila dalam Pancasila.

Narasi logo sila keempat Pancasila diganti logo PDIP ini muncul dari akun @chandra_ds pada Selasa 8 September 2020 pukul 12.09 WIB.

Narasinya menyoal logo PDIP pada penjelasan simbol sila keempat.

“Program pembelajaran GURUku di @sbotv 8 September 2020 untuk kelas 1 SD, menjelaskan simbol sila 4 kepala banteng tapi gambar yang ditampilkan lambang PDI-P. @e100ss @dispendiksby1 @SapawargaSby @BanggaSurabaya,” tulis akun tersebut.

Pada cuitan kedua, akun tersebut menilai ada kesalahan fatal, sebab simbol sila keempat kok ditampilkan logo PDIP. Sila ke-4 Pancasila bersimbol kepala banteng, sedangkan logo PDIP kan juga banteng dengan moncong putih.

“Kesalahan sangat fatal pada materi program pembelajaran GURUku untuk kelas 1 SD disiarkan @sbotv pagi ini tgl 8 September 2020. Lambang sila 4 kepala banteng tapi gambarnya lambang PDI-P. @e100ss @dispendiksby1 @BanggaSurabaya @SapawargaSby,” tulis akun tersebut.

Cek faktanya logo PDIP di sila keempat Pancasila

Lambang Burung Garuda Pancasila. Foto: Wikimedia
Lambang Burung Garuda Pancasila. Foto: Wikimedia

Dalam penelusuran, cuitan akun @chandra_ds soal protes simbol sila keempat diganti logo PDIP, ternyata sudah hilang.

Akun tersebut tak menampilkan protes logo PDIP sebagai lambang sila keempat Pancasila. Demikian juga dalam penelusuran di akun Instagram @chandra_ds, tak ditemukan informasi soal topik logo PDIP di sila keempat Pancasila. Namun cuplikan video itu sudah telanjur diunggah ulang oleh beberapa akun.

Pengecekan siaran SBO TV di youtube untuk topik bunyi sila Pancasila, tak ditemukan logo PDIP dalam penjelasan sila ke-4 Pancasila.

Dalam video di Youtube tersebut, saat guru menjelaskan sila keempat Pancasila, yang muncul adalah simbol kepala banteng bukan logo PDIP.

Berikut ini penjelasan guru soal simbol sila keempat Pancasila di SBO TV:

“Sila ke-4 pancasila, yang berbunyi kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijksanaan dalam permusyawaratan perwakilan yang dilambangkan dengan kepala banteng. Nah anak-anak kepala banteng ini, kenapa kepala banteng Bu Vita? Karena banteng itu merupakan hewan yang suka berkelompok seperti warga Indonesia anak-anak, kita suka bekerja sama, kita suka bermusyawarah meskipun dalam masa pandemi seperti ini. Dalam masa pandemi seperti ini, tapi kita juga tetap bermusyawarah, berdiskusi melalui media sosial, seperti itu ya anak-anak,” ujar presenter di video tersebut.

 

Nah menurut kamu Hopers lebih meyakinkan mana tuh informasi dan narasi yang muncul?

Sumber Berita / Artikel Asli : Hops

Berikan Komentar Anda :

comments

Loading...