Gubernur Bank Sentral Dunia Kumpul di Bali Bahas Ekonomi Global

162

Nusa Dua – Rangkaian acara pertemuan tahunan International Monetary Fund (IMF) World Bank di Nusa Dua Bali sudah memasuki hari terakhir.

Pada hari terakhir ini, digelar international banking seminar yang dihadiri oleh sejumlah gubernur bank sentral dari berbagai negara.

Sesi pertama, seminar membahas tentang perekonomian global. Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo berkesempatan memberikan sambutan pembuka seminar.

“Hari ini akan digelar seminar yang sangat baik dan dihadiri orang penting sebagai pembicara. Setelah event ini, anda bisa memberitahu ke seluruh dunia, jika Indonesia bisa menyelenggarakan event sebaik ini,” kata Perry dalam pembukaan di Bali International Convention Center, Minggu (14/10/2018).

Dia menyampaikan, dalam diskusi akan dibahas tentang perbaikan ekonomi global hingga inklusi keuangan yang saat ini sedang menjadi isu penting di seluruh dunia.

Perry mengharapkan diskusi bisa berjalan lancar dan melahirkan pemikiran-pemikiran baru. “Tapi sekali lagi, informasikan kepada dunia jika Indonesia bisa menggelar acara sebesar ini. Enjoy dan habiskan uang anda di sini, terima kasih,” ujar Perry disambut tepuk tangan dari peserta.

Chairman group thrity Tharman Shanmugaratnam menyampaikan terima kasih kepada Indonesia yang sudah bersedia menjadi tuan rumah. “Terima kasih gubernur Perry, tapi saya harus terbiasa memanggilnya pak Perry karena sudah menjadi host acara ini,” imbuh dia.

Akan hadir sebagai pembicara Gubernur Bank Sentral Jepang, Haruhiko Kuroda. Kemudian Gubernur Bank Sentral China Yi Gang dan Gubernur Bank Sentral Prancis Francois Villeroy de Galhau serta Gubernur Bank Sentral Brasil Ilan Goldfajn.

Kemudian sesi II ada Gubernur BI Perry Warjiyo, Gubernur Bank Sentral Afrika Selatan Lesetja Kganyago, Gubernur Bank Sentral Malaysia dan CEO International Finance Corporation Philippe Le Houerou. Mereka akan membicarakan tentang inklusi keuangan.

Lalu sesi II ada Gubernur Bank Sentral Inggris Mark Carney, Professor dari Stanford University John B Taylor dan General Manager Bank for International Settlements Agustin Carstens.

Peserta seminar yang hadir mulai dari pengamat, bankir hingga central banker dari seluruh dunia. (das/das) detik

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here