Gerindra Pastikan Anies Tak Akan Maju di Pilpres 2019

314
Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon. (Foto: iNews.id/Aditya Pratama)

JAKARTA – Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) memastikan Anies Baswedan tidak akan maju sebagai calon presiden (capres) maupun calon wakil presiden (cawapres) dalam Pemilu 2019. Sebelumnya, nama gubernur DKI Jakarta itu sempat santer diisukan akan maju sebagai cawapres untuk mendampingi Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon menegaskan, Anies akan menyelesaikan tugas-tugasnya membenahi Ibu Kota hingga berakhirnya masa jabatan gubernur DKI pada 2022. “Yang kami tahu, Anies akan berkonsentrasi di Jakarta. Dan beliau sudah menyampaikan langsung pada Pak Prabowo, sudah firm (tegas),” ujar Fadli di Kompleks Parlemen Senayan, Selasa (7/8/2018).

Politikus yang juga menjabat wakil ketua DPR itu mengungkapkan, Anies telah menyampaikan permohonan untuk tidak maju di Pemilu Presiden (Pilpres) 2019 kepada Prabowo belum lama ini. “Baru-baru ini, belum sampai seminggu ini. Disampaikan langsung (kepada Prabowo),” kata dia.

Menurut Fadli, Prabowo pun menghormati keputusan Anies untuk tidak maju di pilpres tahun depan. Bahkan, dia menyebut putusan itu tidak akan mengganggu mantan komandan jenderal Komando Pasukan Khusus (danjen Kopassus) yang kini siap maju sebagai capres.

“Pak Prabowo responsnya menghormati dan menghargailah sikap (Anies) tersebut. Enggak ada masalah,” tutur Fadli.

Sebelumnya Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani memastikan sosok cawapres yang akan mendampingi Prabowo Subianto di Pemilu 2019 kini sudah mengerucut kepada dua nama. Perkembangan tersebut diperoleh berdasarkan hasil pembicaraan antara partai berlambang kepala garuda itu dan mitra-mitra koalisinya belum lama ini.

“Pokoknya dua nama sedang kami seriusi, sedang kami hitung, sedang kami godok. Dan kami ingin soliditas di antara empat partai yang sudah berkomitmen untuk bersama-sama mendukung Pak Prabowo tetap dalam satu barisan,” kata Muzani, kemarin.

Kendati demikian, Muzani tidak menyebutkan secara perinci dua nama yang sudah dinominasikan sebagai cawapres Prabowo itu., iNews.id

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here