Gelombang Tinggi di Anyer-Carita, Air Laut Menerjang Hingga ke Jalan

269

Pandeglang – Gelombang tinggi air laut pasang di perairan Banten mulai dari Pantai Anyer hingga Carita membuat warga panik. Sejumlah orang mengungsi ke bukit.

“Air laut di wilayah Carita naik ke darat. Memang sebagai warga naik ke gunung untuk antisipasi saja,” kata Kapolres Pandeglang AKBP Indra Lutrianto saat diminta konfirmasi detikcom, Pandeglang, Banten, Sabtu (22/12/2018).

Indra mengatakan, air memang sempat naik sampai ke tengah jalan. Bahkan, kantor Polsek Carita juga sempat terkena air pasang tersebut.

“Mungkin airnya pasang aja agak tinggi. sampai ke jalan aspal,” katanya.

Dari laporan jajaran personel di lapangan, warga juga memang sempat panik. Sempat ada imbauan agar warga mengungsi ke tempat yang lebih tinggi.

Pasangnya air laut ini terjadi di pantai Carita, Labuan, sampai ke Panimbang di Pandeglang. BMKG mengatakan gelombang tingi Anyer, Banten disebabkan oleh bulan purnama. Fenomena itu menyebabkan air laut pasang tinggi.

“Malam ini ada fenomena bulan purnama yang menyebabkan air laut pasang tinggi,” tulis BMKG dalam akun Twitter-nya, Sabtu (22/12).

BMKG memastikan tak ada gempa yang menyebabkan tsunami di Anyer. Warga diminta tetap tenang.

“BMKG tidak mencatat adanya gempa yang menyebabkan tsunami malam ini. Yang terjadi di Anyer dan sekitarnya bukan tsunami, melainkan gelombang air laut pasang,” cuit BMKG. detik

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.