Gali terowongan Lapas Tangerang, Cai Changpan habiskan waktu 6 bulan

338

Cai Changpan alias Antoni alias Cai Ji Fan (53), sukses melarikan diri dari penjara usai gali terowongan. Terowongan itu di-gali Cai Changpan sepanjang 30 meter.

Untuk selesai, rupanya Cai Changpan butuh waktu hingga enam bulan. Lantas seperti apa kisah pelarian terpidana mati kasus narkoba asal Tiongkok itu dari Lapas Kelas I Tangerang?

Menurut keterangan kepolisian, diduga aksi Cai Changpan gali terowongan itu diketahui rekan sesama selnya. Selain itu, diduga ada pihak yang membantu hingga aksinya berjalan mulus.

Hal ini disampaikan Kapolres Metro Tangerang Kota Kombespol Sugeng Hariyanto. Kata dia, aksi Cai sepertinya diketahui rekan sesama selnya. Selain itu, pihaknya juga menemukan beberapa barang bukti berupa linggis, pahat, obeng, dan barang lainnya.

Lapas Tangerang. Foto: Ist.
Lapas Tangerang. Foto: Ist.

Sejauh ini, disitat JawaPos, pemeriksaan telah dilakukan terhadap empat pegawai dan satu orang sipil. ”Kami juga akan meminta keterangan beberapa orang karena dari informasi yang kami dapat, napi yang kabur ini sudah berjalan enam bulan. Kami coba lakukan kroscek,” ujarnya disitat Selasa 22 September 2020.

Dapat dari kuli bangunan?

Penyelidikan menyebutkan, aksi Cai Changpan gali terowongan untuk kabur dari penjara bisa saja terjadi dari alat-alat yang dimiliki. Namun dari mana alat atau perkakas itu dia peroleh, hingga kini aparat masih terus melakukan penyelidikan.

Dari temuannya, kata Sugeng, selama rentang enam hingga delapan bulan terakhir, memang sempat ada pembangunan dapur di lapas berkapasitas 600 orang itu. Atas hal ini, polisi pun masih mendalami apakah ada keterlibatan para kuli bangunan dalam memberikan bantuan alat-alat tersebut.

”Apakah alat-alat yang digunakan napi diperoleh dari tukang itu? Kami masih meminta data siapa saja yang bekerja untuk membangun dapur,” terangnya.

Dari hasil pendalaman, panjang lubang yang digali Cai Changpan mencapai sekitar 30 meter. Diameter lubang hanya muat satu orang.

Teman sekamar pernah diajak kabur

Fakta lain kemudian diampaikan Sugeng. Menurut dia, teman sekamar Cai Changpan pernah diajak ikut melarikan diri. Tetapi, oleh teman sesama sel tidak mau.

”Di dalam ruangan (sel Cai) ini ada dua orang. Memang yang satu orang ini pernah diajak melakukan kegiatan melarikan diri. Tapi, yang bersangkutan tidak mau dan dia yang menginformasikan bahwa itu (menggali lubang) sudah dilakukan selama enam bulan,” kata Sugeng.

Kedalaman pondasi

Ada satu hal lain yang menarik untuk diperhatikan dengan seksama. Sebab Cai Changpan ditengarai mengetahui kedalaman tembok lapis yang dimiliki penjara tersebut.

Ilustrasi penjara. Foto: Istimewa.
Ilustrasi penjara. Foto: Istimewa.

Sehingga dengan begitu, dia bisa tahu bagaimana dia harus menggali. Jika merujuk denah bangunan, jalur terowongan yang digali Cai Changpan ditengarai berada di bawah lahan terbuka dan tembok pagar lapas sisi kiri.

Jika demikian, kedalaman lubang terowongan diperkirakan ada yang mencapai lebih dari 3 meter. Sebab, sepengetahuan Uce Kusnaini, warga sekitar, pondasi tembok pagar dulu dibangun lebih dari tiga meter.

Kedalaman pondasi tembok pagar itu menjadi penting bagi Cai agar terowongan yang dibuatnya bisa tembus ke luar lapas. Sebab tanpa mengetahui hal tersebut, Cai bakal sulit melancarkan aksinya.

Nah, dari mana Cai Changpan tahu soal kedalaman fondasi itu? Sampai saat ini tim penyelidikan yang dibentuk pihak-pihak terkait belum menjawabnya.

Sumber Berita / Artikel Asli : Hops

Berikan Komentar Anda :

comments

Loading...