Erick Pecat Semua Direktur Garuda, Pengusaha Ungkap ‘Borok’ AA

1026
I Gusti Ngurah Ashkara Danadiputra atau Ari Ashkara

Jakarta – Kabar mengenai kisruh penyelundupan sepeda motor Harley Davidson dan sepeda Brompton di pesawat Garuda Indonesia masih menjadi yang paling dicari akhir pekan ini. Yang terbaru, Erick memastikan pemecatan sementara seluruh direksi Garuda Indonesia yang terlibat dalam penyelundupan tersebut.

Berita terpopuler lainnya adalah mengenai kunjungan kerja Presiden Jokowi ke Banten menemui salah satu orang terkaya di Indonesia. Jokowi meminta Prajogo Pangestu membenahi masalah defisit alias tekor neraca perdagangan Indonesia.

Berikut kabar terpopuler hari ini yang dirangkum detikcom selengkapnya pada halaman selanjutnya

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir pagi tadi menggelar pertemuan dengan Dewan Komisaris PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. Usai pertemuan tersebut, Erick secara resmi memberhentikan sementara seluruh jajaran direksi yang terlibat dalam kasus penyelundupan motor Harley Davidson dan sepeda Brompton di pesawat Airbus A330-900 Neo.

Hal tersebut disampaikan oleh Komisaris Utama (Komut) Sahala Lumban Gaol berdasarkan keputusan rapat antara Erick dengan Dewan Komisaris Garuda pagi tadi.

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Hariyadi Sukamdani menyinggung kembali fenomena melonjaknya harga tiket pesawat untuk penerbangan murah atau low cost carrier (LCC) sepanjang tahun 2019. Mahalnya tiket pesawat itu disebut karena tak ada kompetisi. Industri penerbangan Indonesia dikuasai dua grup besar maskapai nasional, yaitu Lion Air Group dan Garuda Indonesia Group.

Oleh karena itu, menurut Hariyadi ada salah satu petinggi di Garuda yang menjadi dalang di balik terciptanya ‘kartel’ tiket pesawat. Dalang tersebut tak lain adalah eks Direktur Utama (Dirut) PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra alias Ari Askhara.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Prajogo Pangestu membenahi masalah defisit alias tekor neraca perdagangan Indonesia. Orang terkaya nomor 3 di Indonesia ini kebetulan ingin membangun kawasan pabrik baru petrokimia kedua di Cilegon, Banten.

Jokowi meminta kepada pemilik PT Chandra Asri Petrochemical ini mempercepat proses pembangunan kawasan pabrik baru kedua. Sebab, produksi petrokimia yang dihasilkan mampu menutupi kebutuhan nasional.

Impor petrokimia menjadi salah satu penyebab tekor neraca perdagangan setelah minyak dan gas (migas).

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir melarang BUMN untuk membagikan atau memberikan suvenir dalam setiap penyelenggaraan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). Larangan itu tertuang dalam Surat Edaran Menteri Badan Usaha Milik Negara SE-8/MBU/12/2019 tentang Larangan Memberikan Souvenir atau Sejenisnya.

Dalam surat yang ditetapkan tanggal 5 Desember 2019 itu disebutkan, maksud dan tujuan penerbitan Surat Edaran ini adalah untuk efisiensi dan perwujudan prinsip-prinsip tata kelola perusahaan yang baik (good corporate governance) pada Persero dan Perum.

Ramai beredar di sosial media video pesawat Garuda Indonesia yang mengangkut mobil mewah Ferrari berwarna merah. Padahal belum lama kasus penyelundupan Harley Davidson dan Brompton terjadi di maskapai pelat merah tersebut.

Viralnya video tersebut menimbulkan banyak pertanyaan mengenai legal atau tidaknya pengangkutan mobil tersebut. Menjawab itu semua, Vice President Corporate Secretary PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, M. Ikhsan Rosan angkat bicara. detik

Berikan Komentar Anda :

comments

Loading...