Empat Komisaris Mengundurkan Diri, Erick Thohir Rombak Direksi Garuda Indonesia

378
Yenny Wahid

JAKARTA–Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. melakukan perombakan struktural kelembagaan, mulai dari jajaran komisaris hingga direksi.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, menyebutkan sejumlah tokoh yang meninggalkan jabatannya dari kursi komisaris dan direksi Garuda Indonesia.

Adalah Triawan Munaf, Peter F. Gontha, Zannuba Arifah Ch. R (Yenny Wahid), dan Elisa Lumbantoruan, yang diberhentikan dengan hormat dari jabatan Anggota Dewan Komisaris.

Sementara, Erick Thohir juga memberhentikan dengan hormat Dony Oskaria dan M. Rizal Pahlevi dari Anggota Dewan Direksi perusahaan.

Pemberhentian keenam orang tersebut dilakukan Erick Thohir demi alasan efisiensi dan transformasi Garuda Indonesia.

“Dengan mengurangi jumlah komisaris dari 5 menjadi 3 orang, serta jumlah direksi dari 8 orang menjadi 6 orang,” ujar Erick dalam keterangan tertulis, Jumat malam (13/8).

Akan tetapi, Erick Thohir dalam RUPST ini mengangkat dua sosok untuk menempati kursi Komisaris, yang dinilai memiliki keahlian dan rekam jejak yang tidak diragukan lagi di bidang restrukturisasi dan manajemen risiko perusahaan.

Di mana salah satunya ialah Chairal Tanjung yang diangkat menjadi Komisaris dengan tujuan untuk memperkuat pengawasan perusahaan.

Komisaris PT Garuda Indonesia (Persero), Yenny Wahid memutuskan untuk meletakkan jabatan di maskapai penerbangan plat merah tersebut.

“Hari ini saya datang ke Kementerian BUMN untuk resmi menyerahkan surat pengunduran diri saya dari Garuda Indonesia, maskapai kebanggaan kita semua,” kata Yenny Wahid dalam sebuah video yang diunggah di akun Twitter, Jumat (13/8).

Putri Presiden Abdurrahman Wahid atau Gus Dur ini memutuskan untuk mundur dari Garuda semata-mata untuk membantu maskapai milik negara ini untuk terlepas dari ancaman kebangkrutan.

“Sehingga Garuda bisa diselamatkan dan bisa mengudara dengan perkasa. Mohon doanya ya,” demikian Yenny Wahid.

Sumber Berita / Artikel Asli : (genpi/fajar)

Berikan Komentar Anda

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here