Elektabilitas Jokowi-Prabowo Masih Tertinggi untuk Pilpres 2024, Mungkinkah Wacana Tiga Periode Terealisasi?

187
Jokowi-Prabowo

– Pemilihan Umum (Pemilu) Presiden RI 2024 masih akan berlangsung tiga tahun mendatang, namun sejumlah lembaga survei dan pengamat politik sudah mulai melirik sosok-sosok yang dinilai pantas menduduki kursi utama di Istana Negara.

Dari sekian banyak nama calon kandidat terkuat yang diunggulkan untuk mencalonkan diri sebagai Presiden RI, nama Joko Widodo alias Jokowi masih menempati posisi pertama elektabilitas.

Menurut sejumlah pengamat dan lembaga survei politik di Indonesia, nama Jokowi hingga kini masih yang tertinggi dan diunggulkan.

 

Menurut keterangan pengamat dari Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno, nama Jokowi bahkan lebih tinggi mengungguli Prabowo Subianto dan Anies Baswedan.

“Tingginya elektabilitas Jokowi yang diatas rata-rata terjadi karena posisinya saat ini yang tengah menjadi Presiden RI dan ia juga dianggap sukses membangun infrastruktur yang merata di berbagai daerah untuk jembatan pemerataan ekonomi,” kata Adi Prayitno, sebagaimana dikutip Kabar Besuki dari kanal YouTube tvOneNews yang diunggah 22 Mei 2021.

Menurut pengamat politik lainnya, elektabilitas Jokowi bahkan mencapai lebih dari 60 persen dimana hal tersebut terhitung jauh melampaui nama-nama kandidat lainnya.

 

Selain Jokowi, nama lain yang paling diunggulkan dan juga memiliki tingkat elektabilitas tertinggi selanjutnya adalah Prabowo Subianto yang sebelumnya telah dua kali berhadapan dengan Jokowi dalam Pemilihan Presiden.

Namun wacana baru pun mulai muncul jika Prabowo Subianto adalah nama terkuat yang diusung masyarakat untuk mendampingi Jokowi sebagai wakil presiden.

Tingginya elektabilitas Jokowi bisa saja dimanfaatkan oleh partai pendukungnya, PDIP.

Bahkan sebagaimana sebelumnya sering dibicarakan, hal ini mungkin bisa menjadi peluang bagi partai tersebut untuk kembali mengusung Jokowi maju ke Pilpres 2024.

Sebelumnya wacana Jokowi yang menjabat tiga periode telah menjadi perbincangan hangat, meskipun faktanya secara konstitusi dan menurut amandemen UU 1945, Jokowi tak bisa maju kembali mengikuti Pilpres mendatang.

Menurut Agus Prayitno, jika Jokowi dan Prabowo akan bersanding di Pemilu 2024, maka salah satu sosok yang dinilai layak untuk berhadapan dengan Jokowi-Prabowo adalah Anies Baswedan.

Hal itu juga menjadi pertimbangan karena nama Anies Baswedan kerap kali muncul sebagai salah satu kandidat calon presiden tertinggi pilihan anak muda di Pemilu Pilpres selanjutnya.***

Sumber Berita / Artikel Asli : Pikiran Rakyat

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here