Disentil Rizal Ramli Recehan, Jokowi: Kartu Ini Hasil Penelitian, Bukan Awur-awuran

805
Rizal Ramli

Capres Joko Widodo mengatakan, tiga kartu yang ia sebut-sebut belakangan ini merupakan hasil dari survei yang dilakukan timnya. Menurutnya, ketiga kartu tersebut dibuat tidak asal-asalan.

Hal ini ia ungkapkan pada saat bertemu Tim Kampanye Daerah (TKD) Sulawesi Tenggara. “Ini juga dari hasil penelitian survei bukan awur-awuran. Mohon maaf,” kata Jokowi di Hotel Claro Kota Kendari Sulawesi Tenggara, kemarin.

Sebagai informasi, kettiga kartu tersebut adalah, Kartu Indonesia Kuliah (KIP) Kuliah, Kartu Pra-Kerja, dan Kartu Sembako Murah. Jokowi mengatakan bahwa KIP kuliah adalah program yang ditujukan bagi lulusan SMA atau SMK yang ingin melanjutkan kuliah tetapi tidak mampu. “Dari (hasil) survei juga ini, juga ilmiah pakai data di lapangan, baru saya keluarkan ini,” ungkapnya.

Sebelumnya, ekonom senior Rizal Ramli mengkritik program tersebut. Dia menilai ‘kartu sakti’ Jokowi merupakan cara-cara receh. “Kami tak setuju cara-cara receh yang hanya memberikan gula-gula tapi tidak memecahkan masalah,” kata pria yang akrab disapa RR itu dalam pernyataan pers di kawasan Tebet, Jakarta Selatan, Senin (25/2/2019).

Rizal Ramli lebih menyoroti ‘kartu sakti’ Jokowi di pendidikan, yaitu KIP Kuliah. Dia menawarkan ke Jokowi cara lain yang dianggap lebih efektif untuk mendorong sektor pendidikan menjadi lebih baik, salah satunya dibuatkan UU tanah untuk universitas. Tanah tersebut diberikan untuk perguruan tinggi. “Jadi daripada cara recehan banget, bikin UU pemberian tanah untuk universitas,” sebutnya.

Rizal juga menyarankan agar pajak untuk pendapatan universitas dibebaskan. Tujuannya untuk membuat keuangan perguruan tinggi tidak terbebani. Uang itu ujung-ujungnya bisa digunakan untuk biaya riset hingga beasiswa untuk mahasiswa.”Kedua, pendapatannya bebas pajak sehingga universitas keuangannya makin lama makin bagus, bisa biayai riset sendiri, beasiswa mahasiswa,” tutupnya. (Fel) indonesiakita

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here