Didukung NU hingga Raja Ternate, Rizal Ramli Sulit Dilirik Parpol Karena Alasan Ini

539
Rizal Ramli

Selain jarang muncul dalam hasil survei terkait sosok yang bakal jadi jagoan dalam Pemilihan Presiden 2024, Rizal Ramli juga tampaknya belum masuk radar para elite partai politik.

Ada alasan khusus kenapa Rizal Ramli seolah tertinggal dari tokoh-tokoh lain yang sudah marak bertebaran dalam sejumlah hasil survei.

RR, sapaan Rizal Ramli, bukan tidak pernah menyampaikan minatnya menjadi presiden. Bahkan pada suatu kesempatan, dia pernah mengatakan Indonesia bakal terbebas dari utang saat berada di bawah komandonya sebagai orang nomor satu di negeri ini.

Menurut Direktur Political and Public Policy Studies (P3S), Jerry Massie, keinginan RR menjadi Presiden RI bukan sekadar mimpi atau harapan kosong belaka.

Sebab, mantan menteri ekonomi di era Presiden Abdurrahman Wahid itu didukung Raja Ternate dan organisasi Islam besar seperti Nahdlatul Ulama.

“Dia itu didukung juga oleh Nahdatul Ulama (NU), dulu pernah juga dia didukung oleh raja Ternate,” ujar Jerry Massie, Rabu (20/10).

“Organisasi di Sumatera Utara itu memang sempat mendukung beliau,” sambungnya.

Namun demikian, Jerry melihat sejauh ini calon presiden Indonesia masih didominasi nama-nama dari Pulau Jawa. Sehingga, meski terbilang kuat, Rizal Ramli yang berasal dari Pulau Sumatera masih tertinggal dari tokoh-tokoh lainnya dalam peta persaingan menuju Pilpres 2024.

“Memang dominasi dan hegemoni Jawa masih kental dan kuat. Barangkali capres dari luar Jawa itu hanya sekian persen,” tuturnya.

Tak hanya itu, langkah RR untuk menjadi capres juga bakal menghadapi kendala dari para elite partai politik. Dijelaskan Jerry, dia ragu para ketua partai politik besar akan memilih orang-orang yang berasal di luar Pulau Jawa.

“Menurut saya, dua atau tiga pimpinan partai politik tidak akan mengarahkan targetnya ke luar Jawa,” jelasnya

“Kendati demikian, mungkin juga akan ada kejutan calon presiden dari luar Jawa,” demikian Jerry Massie.

Sumber berita / Artikel Asli : rmol

Berikan Komentar Anda

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here