Di Depan Jokowi, Zulkifli Ungkap Keluhan Emak-Emak Harga Bahan Pokok

203
Ketua MPR, Zulkifli Hasan.

JAKARTA – Ketua MPR Zulkifli Hasan menyampaikan pidato kenegaraan dalam Sidang Tahunan MPR 2018 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (16/8/2018). Dalam pidatonya, Zulkifli menyampaikan aspirasi ibu-ibu.

Menurutnya, kenaikan harga bahan pokok sangat dikeluhkan para ibu-ibu. Apalagi, golongan miskin dan hampir miskin masih sangat besar jumlahnya.

“Golongan ini sangat rentan terhadap perubahan harga. Ini titipan emak-emak, Pak Presiden, agar harga-harga terjangkau,” ujar Zulkifli di depan peserta Sidang Tahunan MPR 2018 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (16/8/2018).

Menurutnya, masalah kesenjangan ekonomi salah satu tantangan perekonomian nasional. Namun dia mengapresiasi atas penurunan gini ratio 0,41 menjadi 0,39.

Dia mengingatkan,  penurunan itu justru akibat menurunnya pendapatan masyarakat kelas atas ketimbang naiknya pendapatan masyarakat kelas bawah. “MPR menyatakan pemerintah perlu menjaga harga-harga barang kebutuhan rumah tangga agar daya beli masyarakat miskin dan hampir miskin tidak semakin tergerus,” ucapnya.

Pada kesempatan itu dia juga menyinggung masalah stabilitas dan defisit transaksi berjalan serta pengelolaan utang. Pihaknya mendorong pemerintah menggalakkan pemberdayaan ekonomi kecil dan mikro

“Di antaranya melalui fasilitas kredit, fasilitas produksi dan pasar, termasuk bantuan pemasaran dan teknologi agar mereka tumbuh dan berkembang,” katanya.

Sidang Tahunan MPR 2018 selain dihadiri para pimpinan dan anggota MPR, DPR dan DPD juga dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi) serta Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Hadir juga anggota Kabinet Kerja dan pimpinan lembaga negara. Selain itu hadir para undangan dari duta besar (dubes) negara sahabat. , iNews.id

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.