Dahnil Anzar: Prabowo Siap Selesaikan Kasus HAM Masa Lalu

311

Koordinator Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Dahnil Anzar Simanjuntak menjelaskan masalah penegakan HAM sudah menjadi salah satu visi dan misi pasangan nomor urut 02 tersebut. Dahnil menegaskan perlunya pemimpin yang tak bisa diintervensi.

“Karena salah satu solusi pentingnya dari masalah yang hadir dan harus dikenali, adalah soal kepemimpinan yang tidak memimpin,” kata Dahnil dalam acara Indonesia Lawyers Club tvOne dengan tema ‘Jelang Debat calon presiden 2019 : Penegakan Hukum di Mata 01 & 02’ Selasa 15 Januari 2019.

Haris pun menyinggung tipe presiden yang tak memiliki sikap memimpin terutama dalam aspek hukum. Hal ini yang dikhawatirkan menjadi negatif.

“Ketidakpemimpinan itulah yang menyebabkan orang yang tidak punya otoritas di sekitar presiden. Justru menggunakan hukum untuk kepentingannya pribadi,” jelas Dahnil.

Kemudian, ia menekankan modus intervensi hukum semacam itu yang dikhawatirkan merusak demokrasi. Dahnil menegaskan betapa pentingnya memiliki presiden yang bisa memimpin, dan tidak bisa diintervensi oleh pihak manapun.

Pemimpin yang bisa memimpin menurutnya harus mampu menangani banyak hal. Maka untuk memastikan agar hukum tetap berjalan maka harus tetap berada di jalurnya.

“Jaksa Agung misalnya, itu kan seharusnya ditunjuk dari orang-orang yang independen dan bukan berasal dari parpol, untuk memastikan intervensi terhadap hukum tidak terjadi,” kata Dahnil.

Terkait pelanggaran HAM, Dahnil memastikan sebagai mantan prajurit TNI, Prabowo Subianto yang dialamatkan kepadanya. Prabowo bahkan mengaku apabila pengadilannya ada, maka dia akan siap diadili terkait tudingan pelanggaran HAM tersebut.

“Dia (Prabowo) juga memastikan kasus-kasus HAM masa lalu seperti Talangsari, Semanggi, DOM Aceh, dan lain sebagainya, juga akan diselesaikan. Termasuk kasus Novel Baswedan,” kata Dahnil.

Dia menegaskan ucapan Prabowo tak ingin tersandera beban persoalan masa lalu. Maka itu, ia memastikan orang di sekitar Prabowo adalah pihak yang bebas dari pelanggar HAM.

“Pernyataan dan sikap Prabowo ‘clear’ dan berulang kali memastikan bahwa kepemimpinan beliau tidak ada beban sama sekali terkait pelanggaran HAM tersebut. Dia juga akan memastikan bahwa orang-orang yang ada di sekitar beliau bukan para pelanggar HAM,” ujarnya. viva

Berikan Komentar Anda :

comments

Loading...