Bima Arya Datang Malam-malam, Habib Rizieq Tetap Tolak Tes Swab Ulang, Ini Alasannya

506
Bima Arya

 BOGOR— Walikota Bogor Bima Arya mendatangi keluarga Habib Rizieq di Rumah Sakit UMMI, Empang, Bogor Selatan, Jumat malam (27/11/2020) terkait penolakan tes swab ulang.

Kedatangan Bima Arya ke RS UMMI ingin mendengarkan penjelasan kenapa keluarga HRS menolak swab test yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Bogor.

“Tadi bersama Pak Kapolres, Pak Dandim mengkongkonfirmasi bahwa staf kami mengatakan yang bersangkutan menolak melakukan swab,” jelas Bima usai melakukan pertemuan dengan keluarga Habib Rizieq, di Rumah Sakit Ummi, Jumat (27/11/2020).

“Katanya pihak keluarga tidak berkenan dilakukan swab,” katanya lagi.

Menurut penjelasan keluarga, kata Bima, memang berkeberatan mengapa harus dua kali, karena katanya di swab itu sakit.

“Beliau tadi sampaikan swab tadi yang melakukan swab tadi tim MER-C kemudian dikirim ke laboratorium,” jelasnya.

Yang menjadi persoalan adalah, Bima harus pastikan bahwa semuanya itu sesuai dengan aturan. Betul HRS di swab, dikirim ke lab yang sudah tersertifikasi.

“Karena itu tadi saya sampaikan kepada pihak keluarga, saya bersama kapolres memastikan itu bisa. Bahwa sesuai dengan prosesnya,” ucapnya.

Kemudian, pihak keluarga mengakui bahwa yang telah mengambil swab tes Habib Rizieq dari tim dokter MER-C. Sampel swab tes pun, diklaim telah dikirim ke laboratorium yang telah tersetifikasi.

“Kemudian disampaikan yang melakukan swab tim MER-C dikirim ke lab tersetifikasi,” jelasnya.

Yang menjadi persoalan, lanjut Bima, apakah proses pengambilan swab tes itu sesuai dengan aturan. Termasuk harus dipastikan laboratorium yang menjadi tempat pengujian sampel swab tersertifikasi.

Tak kalah penting, harus dipastikan juga nama-nama tim dokter yang mengambil swab berkompeten. Sehingga, agar hasil swan tes yah keluar bisa diterima dan dipertanggungjawabnya kebenarannya.

“Setelah saya datang tadi disampaikan ada nama-nama dokter yang kami dapat tadi,  jadi nama-nama tim yang lakukan swab kita akan kroscek, kemudian dikirim kemana, kita kroscek,” jelasnya.

“Menurut keluarga atau rumah sakit disampaikan Insya Allah hasil swab bisa malam ini, nanti semua kita cek,” katanya.

“Apakah proses swab sesuai, timnya sesuai aturan juga, dan apakah lembaga atau labnya tersetifikasi kalau memang setelah kita pelajari nanti semuanya valid apapun hasilnya tentu bisa diterima,” tutup Bima Arya.

Sumber Berita / Artikel Asli : pojoksatu

Berikan Komentar Anda :

comments

Loading...