Bertemu Inasgoc, KPK Ingatkan Kasus Wisma Atlet Jelang Asian Games

470

Jakarta – KPK bertemu dengan delegasi Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee (Inasgoc) membahas pencegahan korupsi. Pertemuan itu, KPK berharap penyelenggaraan Asian Games tidak bermasalah.

“Ada delegasi juga dari pihak penyelenggaraan Asian Games dan disampaikan beberapa progres yang dilakukan sejauh ini. Kami tentu saja menerima diskusi itu dalam konteks upaya pencegahan dan agar tidak terjadi ke depan persoalan ini,” ucap Kabiro Humas KPK Febri Diansyah di gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta, Kamis (2/8/2018).

Febri juga mengatakan dalam pertemuan itu mengingatkan kasus korupsi Wisma Atlet dalam pelaksanaan pesta olahraga. KPK berharap ada pencegahan korupsi dalam penyelenggaraan Asian Games.

“Jadi dulu kita ingat KPK pernah menangani kasus Wisma Atlet atau juga kasus-kasus yang lain terkait dengan penyelenggaraan event olahraga besar. Kami berharap hal tersebut bisa dicegah sejak awal,” kata Febri.

Diketahui, kasus wisma atlet menjerat beberapa pihak termasuk eks anggota DPR M Nazaruddin, Ketua Komite Wisma Atlet Palembang Rizal Abdullah, dan eks anggota DPR Angelina Sondakh. Mereka diduga menerima suap proyek pembangunan Wisma Atlet.

Sebelumnya, Ombudsman RI (ORI) memaparkan hasil survei terkait kesiapan sarana dan prasarana penyelenggaraan Asian Games. Komisioner Ombudsman Adrianus Meliala menuturkan pihaknya menemukan beberapa temuan penting dari survei tersebut.

Salah satunya terkait ketersediaan sarana dan prasarana bagi penyandang disabilitas. Ia mengungkapkan, dari 24 lokasi yang jadi sampel survei, 14 lokasi belum memiliki fasilitas bagi penyandang disabilitas.
(fai/jbr) detik

Berikan Komentar Anda :

comments

Loading...