Berkaca dari Prabowo, Mengapa Pesawat Bisa Gagal Take Off ?

608

Jakarta — Mantan Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Letjen (Purn) Johanes Suryo Prabowo menceritakan, pesawat yang ditumpangi Prabowo sempat tertunda terbang ‘aborted take off’ di Purwokerto, akibat adanya tiga jet temput melintas. Padahal posisi pesawat sudah di ujung landasan pacu.

TNI Angkatan Udara (AU) telah membantah keterlibatan tiga Sukhoi dalam insiden gagal terbangnya pesawat Prabowo. Kepala Dinas Penerangan TNI AU, Marsekal Pertama TNI Samyoga menyebut pernyataan itu tidak tepat karena terjadi pada dua hari yang berbeda.

Ia menjelaskan, “aborted take off” 9HNYC yang ditumpangi Prabowo pada Senin (1/4), di landasan Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur diduga karena keteledoran prosedur oleh Air Traffic Control (ATC). Pada Selasa, (2/4) 9HNYC mengalami penundaan lepas landas karena menunggu Wings Air yang sudah “final approach” untuk mendarat.

Aborted Take Off atau Rejected Take Off (RTO), adalah kondisi di mana penerbang diputuskan untuk membatalkan lepas landas. Setiap peswat yang akan lepas landas memiliki kemungkinan RTO. Boeing melaporkan, RTO terjadi satu banding tiga ribu lepas landas.

Studi Boeing menunjukkan bahwa sekitar 75 persen RTO dimulai pada kecepatan kurang dari 80 knot dan jarang mengakibatkan kecelakaan. Sekitar 2 persen terjadi pada kecepatan lebih dari 120 knot. Insiden seringkali terjadi pada kecepatan ini.

Lepas landas dapat ditolak karena berbagai alasan, termasuk kegagalan mesin, aktivasi alarm peringatan lepas landas, arahan dari kontrol lalu lintas udara (ATC), ban pecah, atau sistem peringatan menyala.

Mengutip Indoflyer, RTO biasanya dilakukan saat pesawat masih berkecepatan rendah, atau dikenal dengan decision speed, yaitu V1. Angka kecepatan V1 dihitung berbasis beban pesawat dan panjang landasan pacu.

Pada sistem pesawat mutakhir ada fasilitas autobrake dengan switch “RTO”. Brake akan terset otomatis untuk menghentikan laju dengan maksimal. Tidak hanya “dihalangi” pesawat tempur, RTO sering juga terjadi karena pesawat menabrak burung. (*/Dry)indonesiainside

Berikan Komentar Anda :

comments

Loading...