Beredar Foto TNI-Polri Salam Dua Jari, Ini Fakta Sebenarnya!

1140
Panglima TNI

FOTO prajurit TNI dan Polri yang berpose menunjukkan ibu jari serta telunjuknya kembali beredar melalui pesan berantai via WhatsApp. Foto yang sengaja disebarkan oleh orang yang tak bertanggungjawab itu untuk membangun premis bahwa TNI Polri tidak netral terhadap pemilihan paslon Presiden dan Wakil Presiden.

Tak hanya itu, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan dua petinggi TNI lainnya juga sempat disebut mendukung salah satu paslon Presiden dan Wakil Presiden karena berfoto dengan pose serupa salam dua jari dari salah satu paslon.

Seperti foto yang dibagikan akun Samsul Prime menampilkan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan dua petinggi TNI lainnya yang berpose menunjukkan dua jarinya (https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=292093968327266&id=100025799964312).

Dalam foto yang diposting sejak Jumat (11/1/2019) pagi ini, sudah dibagikan 12.173 kali per tangkapan layar dibuat, Jumat (1/2/2019) itu, Samsul menambahkan narasi: “Panglima TNI salam dua jari. Biarkan cebong bunuh diri hahaha.. laporkan tuh bong…”

Panglima TNI salam dua jari.biarkan cebong bunuh diri hahaha..laporkan tuh bong…

Posted by Samsul Prime on Thursday, January 10, 2019

Dari penelusuran yang dilakukan Tim Hoax Crisis Center (HCC) Kalbar, diketahui bahwa foto itu merupakan foto dalam suatu kegiatan TNI dan Polri. Seperti penjelasan di bawah ini (http://www.pemilihindonesia.or.id/2018/11/21/hoax-tidak-benar-pati-polri-dukung-salah-satu-paslon-pilpres-2019)

“Kami memastikan bahwa foto yang memperlihatkan Irjen Ike Edwin dan Brigjend Tomsi mengacungkan dua jari membentuk huruf L tersebut adalah foto yang diambil tahun 2017 tatkala Korps Raport Kenaikan Pangkat Brigjen Tomsi akhir tahun 2017. Jadi, tidak benar bahwa kedua perwira tinggi (pati) Polri tersebut sedang mengampanyekan salah satu paslon pilpres 2019. Itu hoax.

Simbol salam L memang benar dipakai oleh salah satu paslon Pilpres 2019 yakni Prabowo-Sandi. Namun narasi di seputar foto yang beredar sejak 19 November kemarin itu salah besar. Diketahui bahwa foto itu semula beredar di WAG dengan narasi menggiring yang seolah kedua pati tersebut menyatakan dukungan politis kepada Prabowo-Sandi.

Justru kalau mau jujur, kubu Prabowo-Sandi-lah yang melakukan duplikasi atas simbol demi kepentingan politik mereka. Hal ini didasarkan pada fakta bahwa Irjen Ike Edwin sudah sejak 2017 memopulerkan simbol tersebut sebagai simbol khas miliknya guna mengamplifikasi upaya beliau dalam membuat gebrakan Lampung Bermartabat. Sementara pengambilan nomor urut calon peserta Pilpres 2019 baru berlangsung September 2018.

Jadi, apabila foto Irjen Ike Edwin dan Brigjen Tomsi kemudian dinarasikan sebagai bentuk dukungan politis mereka kepada Prabowo-Sandi, ini jelas penyesatan publik, tidak hanya pembohongan publik.

Selain itu, salam L juga adalah salam khas Akabri angkatan 87. Silakan ditanyakan saja pada semua lulusan Akabri angkatan 87, jawaban mereka pasti seragam bahwa salam L adalah simbol untuk angkatan mereka karena bila dilihat sekilas, salam itu mirip dengan angka 87″.

“Ini adalah disinformasi. Kesimpulannya, si penyebar foto berusaha membangun premis bahwa TNI Polri mendukung Prabowo-Sandi. Dengan mengedarkan foto suatu kegiatan khusus TNI Polri, lalu dikaitkan pada politik,” jelas Ketua HCC Kalbar, Reinaldo Sinaga dalam debunk yang dilakukannya.

Edo melanjutkan, foto-foto ini jauh sebelumnya sudah beredar. Meski sudah ada klarifikasinya, namun masih saja tetap disebar oleh orang tak bertanggungjawab. Padahal, kata dia, sikap netralitas TNI Polri dan penjelasan pose jari itu sudah banyak dimuat dalam pemberitaan di media mainstream.

Seperti, di Republika(dot)co(dot)id dengan judul: Panglima TNI dan Kapolri Klarifikasi Soal Salam Dua Jari (https://www.google.com/amp/s/m.republika.co.id/amp/pkpche377).

Kemudian, foto-foto lainnya juga sudah ada penjelasannya. Seperti: https://turnbackhoax.id/2019/01/03/salah-tni-polri-pose-dua-jari-dukung-prabowo-sandiaga/

https://breakingnews.co.id/read/sahli-polri-jawab-tudingan-ipw-huruf-l-yang-ditunjukkan-itu-simbol-budaya-lampung

(kha) okezone

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here