Berbagai Kejadian di Mobil Tua Presiden Jokowi

362

Selama menjabat sebagai Presiden, Joko Widodo tidak membeli mobil baru. Semua mobil ‘Indonesia 1’ yang dipakai saat ini merupakan mobil bekas yang pernah dipakai Presiden RI ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono.

Bahkan, salah satu mobil kepresidenan Mercedes-Benz S600 yang dibeli pada tahun 2004 sempat mogok saat digunakan Presiden untuk berkunjung ke Kalimantan Barat, Sabtu (18/3). Beruntung saat itu ada mobil Toyota Alphard yang digunakan sebagai mobil cadangan. Presiden Jokowi dan Ibu Negara langsung dipindahkan ke Alphard.

Rupanya, kejadian mobil kepresidenan mogok bukan hanya sekali terjadi. Mobil ‘Indonesia 1’ beberapa kali mengalami gangguan mesin.

Setahun yang lalu (18/3/2016), mobil kepresidenan juga mengalami gangguan. Kala itu, Jokowi sedang melakukan sidak ke proyek Hambalang, Bogor, yang mangkrak. Namun, di tengah jalan mobil Mercedes-Benz S600 yang ditumpangi Presiden Jokowi mengalami gangguan. Ban mobil tiba-tiba kempes.

Presiden Jokowi langsung dipindahkan ke mobil Toyota Land Cruiser. Setelah itu Presiden Jokowi melanjutkan perjalanan ke bukit Hambalang.

Di beberapa kesempatan, Jokowi tidak menggunakan mobil kepresidenan. Terutama saat melakukan kunjungan ke daerah yang jalanannya menanjak.

Volkswagen Caravelle (Foto: automobilesreview.com)
Volkswagen Caravelle (Foto: automobilesreview.com)

Saat melakukan kunjungan dengan medan menanjak, Jokowi lebih sering menaiki mobil VW Caravelle. Seperti saat mengunjungi Prabowo Subianto di Hambalang akhir tahun lalu.

Tak jarang pula Presiden menaiki mobil Mercedes-Benz G-Class , mobil yang seharusnya digunakan Paspampres. Mobil Mercedes-Benz G-Class yang saat ini digunakan Paspampres adalah jenis G 300 CDI. Mobil ini merupakan kendaraan militer versi sipil dan dijual untuk umum.

Mobil ini biasanya digunakan Paspampres untuk mengawal mobil sedan kepresidenan, sehingga sebenarnya tidak diperuntukkan bagi Presiden. Jokowi sempat menggunakan mobil itu saat melakukan kunjungan ke Banten, menjelang Idul Fitri 2016 dan saat mengunjungi pembangunan tol lintas Sumatera.

Mercedes Benz G Class  (Foto: Wikimedia Commons)
Mercedes Benz G Class (Foto: Wikimedia Commons)

Sedangkan sedan Mercedes-Benz S600 Guard yang sempat mogok itu sebenarnya ‘warisan’ dari era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang dibeli tahun 2004.

Mobil mengemas mesin 5,5 liter V12 yang dirakit  Sindelfingen Jerman. Mobil ini juga memiliki fitur keamanan tingkat tinggi.

Mercedes-Benz S600 Guard telah memenuhi sertifikasi B6/B7. Artinya, mobil kebal dari hantaman peluru sekelas M16 juga Kalashnikov AK-47. Mobil ini dibeli negara untuk menggantikan Mercy S500L yang dipakai sejak Presiden BJ Habibie.

Jokowi juga masih memiliki satu varian Mercedes-Benz, yakni Mercedes-Benz S600 Pullman Guard. Limosin ini dirilis bersamaan dengan ulang tahun ke-80 Mercedes-Benz. Kala itu, Mercedes-Benz S600 diklaim sebagai mobil dengan perlindungan tingkat tinggi.

 Mobil Jokowi, Mercedes-Benz S600 Limousine (Foto: Yudhistira Amran Saleh/kumparan)
Mobil Jokowi, Mercedes-Benz S600 Limousine (Foto: Yudhistira Amran Saleh/kumparan)

Mesinnya mengandalkan biturbo 12 silinder, 5,5 liter yang menjanjikan tenaga 517 Tk dan trsi 830 Nm. Dikutip dari Topspeed, Jumat (24/2/2017), performanya sangat mumpuni apalagi ketika digunakan dalam kondisi genting dan harus keluar dari zona bahaya. Mobil itu dibeli pada 2008. | Kumparan


*Repelita Online merupakan wadah untuk menyalurkan ide/gagasan/opini/aspirasi warga. Setiap opini/berita yang terbit di Repelita Online yang merupakan kiriman dari penulis merupakan tanggung jawab dari Penulis.
Join @Repelita Channel on Telegram

comments

Loading...