Bareskrim Polri Sudah Cek TKP, Ini Dugaan Sementara Penyebab Mati Listrik Massal

309

Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) bergerak cepat melakukan penyelidikan padamnya aliran listrik diseparuh Pulau Jawa pada Minggu (4/8) hingga hari ini, Senin (5/8).

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo menyampaikan, tim Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Direskrimsus) Polda Jawa Tengah telah melakukan pengecekan tempat kejadian perkara (TKP) terhadap tower transmisi 500 KVA yang ada di Desa Malon, Gunung Pati, Semarang, Jawa Tengah.

“Kerusakan diduga sementara adanya pohon yang ketinggianya melebihi batas Right Of Way (ROW) 8,5 meter, sehingga mengakibatkan flash (loncatan listrik) yang dapat disertai bunyi ledakan (karena tingginya daya listrik 500 KVA),” jelas Brigjen Dedi kepada Kantor Berita RMOL, Senin (5/8).

Dengan begitu, mantan Wakapolda Kalimantan Tengah ini mengatakan, faktor penyebab sementara padamnya listrik di DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat dan Jawa Tengah itu diduga karena faktor alam dan teknis.

“Tidak diketemukan human eror, atau unsur sabotase,” jelasnya.

Sejauh ini, jajaran Polri telah melakukan wawancara terhadap empat orang petugas PLN yang mengawasi dan mengendalikan jaringan tersebut.

Kendati demikian, penyampaian hasil investigasi menunggu tim dari pusat yakni gabungan antara PLN dengan Direktorat Tindak Pidana Tertentu (Ditipidter) Bareskrim Polri yang akan melakukan pengecekan di lapangan secara langsung. rmol

Berikan Komentar Anda

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here