Banding Habib Rizieq Ditolak, Hukuman Lebih Ringan dari Tuntutan Jaksa 2 Tahun Penjara

465
Habib Rizieq Shihab.

Pengadilan Tinggi DKI Jakarta menguatkan vonis dari Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Timur (Jaktim) tentang kasus kerumunan Petamburan yang dilakukan oleh terdakwa Rizieq Shihab di Jakarta Pusat beberapa waktu lalu.

Dalam putusan PN Jaktim tersebut, pentolan eks Front Pembela Islam (FPI) tersebut divonis penjara selama 8 bulan.

“Menguatkan putusan Pengadilan Negeri Jakarta Timur tanggal 27 Mei 2021 Nomor: 221/Pid.Sus/2021/PN.Jkt.Tim yang dimintakan banding tersebut,” dikutip dari salinan putusan Direktori Putusan Mahkamah Agung via pikiran rakyat, Kamis, 5 Agustus 2021.

 

Penguatan putusan tersebut dibacakan dalam sidang banding yang dipimpin oleh Ketua Majelis Hakim Sugeng Hiyanto, Rabu, 4 Agustus 2021 kemarin.

Dengan begitu, terdakwa Rizieq Shihab akan secara otomatis ditahan dengan hukuman penjara selama 8 bulan.

“Menetapkan lamanya terdakwa berada dalam masa penahanan dikurangkan seluruhnya dengan pidana yang dijatuhkan,” bunyi putusan tersebut.

“Oleh karena itu  terdakwa dinyatakan terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana dalam kumulasi dakwaan kelima, sehingga terdakwa dibebaskan dari dakwaan kelima tersebut,” putusnya.

Adapun hakim meyakini bahwa Rizieq Shihab telah melanggar Pasal 93 Undang-Undang RI Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan Pasal 5 Ayat 1 KUHP.

Kendati demikian, putusan hukuman yang dijatuhkan oleh hakim kepada Rizieq dinilai lebih ringan dibandingkan tuntutan jaksa yang menuntut agar Rizieq dipenjara selama dua tahun.

Sumber Berita / Artikel Asli : Terkini

Berikan Komentar Anda

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here