AS Siapkan Hadiah Rp143 M bagi Siapa Saja yang Mengungkap Intervensi Asing dalam Pilpres

310
Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo

WASHINGTON – Pemerintah Amerika Serikat menyiapkan hadiah 10 juta dolar AS atau sekitar Rp143,7 miliar untuk mengungkap pihak-pihak yang mencampuri pemilihan presiden pada November mendatang.

Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo mengatakan, uang itu akan diberikan kepada siapa pun yang bisa meberikan informasi keterlibatan aktor yang mengintervensi pilpres.

“(AS) Menawarkan hadiah hingga 10 juta dolar untuk informasi yang mengarah kepada identifikasi atau lokasi setiap orang yang, bertindak atas arahan atau di bawah kendali pemerintah asing, mengganggu pemilihan AS,” kata Pompeo, kepada wartawan, dikutip dari AFP, Kamis (6/8/2020).

Intelijen AS sebelumnya menyatakan Rusia mencampuri pilpres 2016 untuk mendukung Donald Trump. Peran mereka adalah memanipulasi media sosial.

Bahkan dalam pilpres tahun ini, intelijen AS juga mengendus upaya intervensi kembali dari Rusia serta musuh-musuh lainnya seperti China.

Kandidat capres dari Partai Demokrat Joe Biden menyebutkan, dia mendapat pengarahan dari intelijen bahwa Rusia dan China berupaya mengganggu pilpres.

“Rusia masih terlibat dalam upaya untuk mendelegitimasi proses pemilihan kami, fakta,” kata Biden pada Juli lalu.

Lebih lanjut dia menyebut China turut berperan dalam upaya membuat publik kehilangan kepercayaan terhadap hasil pilpres.

Namun Pompeo dalam konferensi pers tersebut tak menyebut secara spesifik negara-negara dimaksud.

Trump maupun Gedung Putih berkali-kali membantah keterlibatan Rusia dalam pilpres 2016. Presiden Vladimir Putin menyampaikan bantahannya sejak kasus ini bermula.

Sumber Berita / Artikel Asli : iNews

Berikan Komentar Anda :

comments

Loading...