Anies Baswedan Sering ke Luar Negeri, Wakil DPRD: Jakarta Kayak Autopilot Gak Ada Juga Begini Aja

293

Wakil Ketua Komisi A DPRD DKI William Yani menilai Gubenur DKI Jakarta Anies Baswedan terlalu sering ke luar negeri namun tak membawa hasil apa-apa bagi Jakarta.

“Jadi menurutku keseringan dia ke luar negeri. Iya, dan saya enggak tahu apa yang dia lakukan itu hasilnya apa,” ucap William saat dihubungi Kompas.com, Jumat (12/7/2019).

William mengatakan, memang tidak ada larangan Anies Baswedan ke luar negeri.

Namun, saat ini Jakarta sedang tidak memiliki Wakil Gubernur DKI Jakarta yang berarti tak ada yang mengurus Ibu Kota selain Anies.

Ia pun menyebut Jakarta bak berjalan secara autopilot meski ada Anies maupun tidak.

“Menurut saya sih Anies enggak ngurusin sama sekali, Jakarta jadi kayak autopilot. Jakarta itu bergerak autopilot, enggak ada dia pun ya berjalan begini-begini saja,” kata dia.

William juga membandingkan kunjungan kerja yang dilakukan Anies dengan beberapa Gubernur DKI Jakarta sebelumnya yang melakukan kunjungan tetapi memiliki dampak bagi Jakarta.

“Kan beda dengan Ahok atau Djarot ke Belanda untuk meninjau, misalnya bagaimana cara mengatasi banjir, bagaimana mengatasi rob. Ada targetnya. Jadi menurut saya Gubernur DKI ini memang sama sekali tidak berniat mengurusi Jakarta,” tuturnya.

Sebelumnya diberitakan bahwa Anies menghadiri World Cities Summit Mayors Forum (WCSMF) ke-10 di Kolombia, Amerika Selatan, pada 10-12 Juli 2019.

Dalam forum ini, Anies akan menjadi pembicara dalam C40 High-Level Event, yaitu roundtable discussion bertema “How to Make Low Carbon Mobility in Cities a Bigger Movement?”.

Anies bertolak menuju Kolombia pada 9 Juli 2019 malam.

Setelah dari Kolombia, dia akan ke Amerika Serikat.

Kemudian Anies akan kembali ke Jakarta pada 16 Juli 2019.

“Di Kolombia menjadi narasumber, kemudian nanti ke US (Amerika Serikat) ada beberapa agenda,” ujar Pelaksana Harian (Plh) Gubernur DKI Jakarta Saefullah di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (11/7/2019).

Sebelum berkunjung ke Kolombia, Anies sudah melawat ke sejumlah negara.

“Ke Singapura, Casablanca (di) Maroko, Tokyo (di) Jepang, Turki, kemudian Argentina. Sekarang ke Kolombia sama Amerika,” kata  Kepala Biro Kepala Daerah dan Kerjasama Luar Negeri (KDH dan KLN) DKI Jakarta Muhammad Mawardi di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (12/7/2019).

Berikut daftar lawatan Anies ke luar negeri yang dikutip dari Kompas.com.

1. Singapura 

Anies bertolak ke Singapura pada 7 Juli 2018 dan kembali ke Jakarta esok harinya.

Dia menghadiri acara the 6th Meeting of Governors/Mayors of ASEAN Capitals (MGMAC).

MGMAC adalah pertemuan para gubernur atau wali kota Ibu Kota negara anggota ASEAN untuk membahas berbagai isu mengenai tantangan perkotaan dan pembangunan kota yang berkeberlanjutan.

Anies kembali melawat ke Singapura pada 2 Mei 2019 dan kembali ke Jakarta pada 4 Mei 2019 untuk membahas arah pembangunan DKI Jakarta.

Dia bertemu Menteri Perencanaan Pembangunan Singapura Lawrence Wong.

“Kami diskusi banyak hal tentang proses arah pembangunan, terutama mengantisipasi perubahan. Kemudian, kami berbicara tentang kegiatan yang sedang kami lakukan di Jakarta, misalnya renovasi Ragunan,” kata Anies pada 4 Mei 2019.

Anies dan Lawrence juga membahas tentang wawasan lingkungan hidup, membuat kota menjadi liveable, serta program-program untuk daya topang lingkungan untuk kegiatan perkotaan.

Anies juga bertemu Menteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakrishnan untuk membahas arah perubahan dunia.

2. Los Angeles, Amerika Serikat

Anies diundang ke acara Annual Global Conference 2018 yang digelar di Los Angeles, Amerika Serikat.

Dia menjadi pembicara pada private session dengan tema “ASEAN: Growth in the Next Ten Years”.

Di sana, Anies juga bertemu dengan pemerintah kota Los Angeles untuk mempererat hubungan kerja sama sister cityantara Los Angeles dan Jakarta.

Kerja sama antara Los Angeles dan Jakarta dilakukan di berbagai bidang seperti ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, pariwisata, konservasi energi, bisnis, dan perdagangan.

Anies berangkat pada 29 April 2018 dan pulang pada 1 Mei 2018.

3. Argentina 

Pada Oktober 2018 Anies bertolak ke Buenos Aires, Argentina, untuk menghadiri forum U20 atau Urban 20 Mayors Summit.

U20 dihadiri pimpinan dari 26 kota terbesar di dunia.

Kegiatan ini berlangsung pada 29-31 Oktober 2018.

Di sana, Anies bicara soal penataan kampung dan kemiskinan.

Anies berangkat pada 26 Oktober 2018 dan kembali ke Jakarta pada 2 November 2018.

4. Maroko

Anies Baswedan melakukan perjalanan dinas ke Casablanca di Maroko dan Istanbul di Turki selama sepekan pada Apri lalu.

Di Casablanca Maroko, Anies mengikuti sejumlah acara, seperti bertemu warga Indonesia di Wisma KBRI Rabat untuk menyampaikan program pembangunan Jakarta, menjadi pembicara dalam acara “The Third Edition of Smart Cities African Casablanca”, dan memberikan kuliah umum dengan materi “Pengalaman Pribadi Gubernur DKI Jakarta dan Program Pembangunan Kota Jakarta”.

5. Istanbul, Turki

Dari Maroko, Anies bertolak ke Istanbul, Turki, pada 20 April hingga 21 April 2018.

Di sana, Anies bertemu dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

Dia juga bertemu Wali Kota Istanbul Mevlut Uysal untuk menjajaki kerja sama dan berkunjung ke Istanbul Water & Waste Management (ISKI).

6. Tokyo, Jepang 

Anies melakukan kunjungan kerja ke Tokyo, Jepang, pada 19 Mei 2019 dan kembali ke Jakarta pada 22 Mei.

Kunjungan Anies ke Jepang untuk menghadiri pertemuan tahunan tingkat tinggi gubernur dan walikota urban-20 (U20).

Anies dijadwalkan menjadi pembicara dalam tiga acara yang berbeda pada 20 Mei dan menjadi panelis dalam sesi pertama tentang Climate Action pada 21 Mei 2019.

Anies juga dijadwalkan melakukan pertemuan bilateral dengan menteri lingkungan hidup, wakil menteri pertanahanan, infrastruktur, perhubungan dan pariwisata, wakil presiden JICA, sekretaris jenderal UCLG World, C40 Ambassador, dan perwakilan IFC.

Salah satu agenda penting dalam kunjungan itu adalah penuntasan pembicaraan tentang pembangunan MRT di fase kedua.

Selain menghadiri U20 Mayors Summit, kunjungan Anies ke Tokyo juga untuk merayakan Hubungan Persahabatan Kota ke-20 antara Tokyo dan Jakarta yang telah terjalin sejak tahun 1989.

7. Kolombia

Anies berangkat ke Kolombia pada 9 Juni 2019.

Dia dijadwalkan menjadi pembicara dalam World Cities Summit Mayors Forum (WCSMF) 2019 yang digelar di Medellin, Kolombia, pada 10-12 Juli 2019.

8. Amerika Serikat

Dari Kolombia, Anies berangkat ke Washington DC, Amerika Serikat, untuk menghadiri undangan dari organisasi United States-Indonesia Society (USINDO).

Dia akan menjadi pembicara dalam forum USINDO.

Anies akan tiba kembali di Jakarta pada 18 Juli ini. (*)

.tribunnews.

Berikan Komentar Anda :

comments

Loading...