Andre Taulany: Menista Ulama, Menghina Nabi Muhammad SAW

764

Lagi-lagi, pelawak dan juga presenter yang cukup terkenal, Andre Taulany, membuat warganet semakin geram. Pasalnya, beredar sebuah video yang memperlihatkan Andre menghina Nabi Muhammad SAW lewat lawakannya dalam acara Talkshow yang dipandu dirinya dan rekannya Sule.

 

Awalnya, penyanyi Virzha yang menjadi bintang tamu acara Ini Talkshow, Net TV, Kamis (22/6/2017), menceritakan kisah Nabi Muhammad yang aroma tubuhnya sama dengan 1.000 bunga. Alih-alih ikut kagum dengan hal tersebut, Andre justru melemparkan pertanyaan dengan nada mengejek, “Aromanya 1.000 bunga? Itu badan apa kebon?”

Celetukan Andre saat itu, mungkin dianggapnya hanya sebuah lawakan yang pantas ditertawakan. Namun, tanpa disadari, ucapan tersebut tentu menggoreskan luka pada perasaan umat Islam, karena hal tersebut merupakan bentuk penghinaan kepada Nabi Muhammad SAW.

Sebelumnya, Andre juga telah menghina dua ulama dengan memplesetkan salah satu merek sepatu, yakni Adidas menjadi Adi Somad. Namun, setelah penghinaan tersebut, tak ada kata maaf yang terucap dari mulut Andre, dia justru mengelaknya dengan alasan tidak ada niatan untuk menghina dan juga ia merasa tidak menghina siapapun.

“Demi Allah saya tidak ada niat untuk menghina siapapun. Tidak ada perkataan apapun yang menghina ustaz dan saya tidak menyebutkan kata ustaz,” ucap Andre (2/5).

Islam tidak melarang orang cari nafkah lewat lawakan. Tetapi, tidak membuat orang lain tersinggung. Rasulullah pun suka bercanda. Namun, hal itu dilakukan agar bisa mencairkan suasana dalam pergaulan, tidak tegang dan kaku. Islam pun memiliki garis tegas, karena Islam juga membenci kedustaan dan kemunafikan. Oleh sebab itu, jangan memancing tawa dengan cara-cara yang dusta. Hal itu akan terkena ancaman Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam:

“Celakalah bagi seseorang yang bercerita dengan suatu cerita, agar orang lain tertawa maka ia berdusta, kecelakaan baginya, kecelakaan baginya.” (HR. Imam at-Tirmdzi)

Anas Radhiyallahu ‘anhu meriwayatkan, pernah ada seorang laki-laki meminta kepada Rasulullah agar membawanya di atas unta. Rasulullah bersabda: ”Aku akan membawamu di atas anak unta”. Orang tadi bingung karena ia hanya melihat seekor unta dewasa, bukan anak unta. Lalu Rasulullah berkata: “Bukankan yang melahirkan anak unta itu anak unta juga?” (HR.Abu Dawud dan Tirmidzi).

Seorang perempuan tua bertanya pada Rasulullah: “Ya Utusan Allah, apakah perempuan tua seperti aku layak masuk surga?”Rasulullah menjawab : “Ya Ummi, sesungguhnya di surga tidak ada perempuan tua”. Perempuan itu pun menangis.

Lalu Rasulullah mengutip salah satu firman Allah QS. Al-Waaqi’ah: 35-37, ‘“Sesungguhnya Kami menciptakan mereka (bidadari-bidadari) dengan langsung, dan Kami jadikan mereka gadis-gadis perawan, penuh cinta lagi sebaya umurnya” (HR. Tirmidzi).

Spontan, perempuan tua yang menangis itu pun menyunggingkan senyum. ngelmu

Comments

comments

Loading...