Alasan Polisi dan TNI Deklarasi Tolak Kampanye di Tempat Ibadah

135

 Polres Metro Jakarta Barat bersama Kodim 0503/JB deklarasi tolak kampanye di tempat ibadah pada Jumat (11/1/2019).

Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Pol Hengki Haryadi menuturkan, deklarasi dibarengi dengan pemasangan 1.000 spanduk soal imbauan agar tempat ibadah tidak dijadikan lokasi kampanye. Hal ini merupakan upaya pencegahan terjadinya friksi antar umat beragama.

“Ini (deklarasi tolak kampanye di tempat ibadah) didasari ataupun diinisiasi oleh FKUB Jakarta Barat dan juga MUI Jakarta Barat, Dewan Masjid Jakarta Barat, jadi secara keseluruhan mendukung (deklarasi). Sehingga nantinya bisa tercapai Pemilu yang aman damai dan sejuk,” tutur Hengki kepada wartawan.

Tidak hanya tolak kampanye di tempat ibadah, Polres Metro Jakarta Barat dan Kodim 0503/JB juga mengimbau masyarakat agar tidak menyebar hoaks di tempat ibadah.

“Intinya menolak adanya kampanye (di tempat ibadah), kemudian penyebaran isu hoaks, SARA dan radikalisme,” ucap dia.

Menurut Hengki, tidak menutup kemungkinan dalam kondisi politik saat ini umat Islam bisa terpecah. Oleh karena itu, guna menjaga  kesatuan dan persatuan, pihaknya mendukung ormas atau warga yang mendeklarasikan tolak kampanye di tempat ibadah,

“Kita tidak memungkiri bahwa di tempat lain di wilayah lain sudah terjadi ancaman faktual terjadinya friksi, kemudian terjadinya pembunuhan karena perbedaan politik yang terjadi di Madura contohnya,” tukas dia.[] akurat

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here