Ade Armando sebut nama-nama patut diwaspadai selain Habib Rizieq

398
Ade Armando, pakar komunikasi UI Foto: Suara

Akademisi Universitas Indonesia Ade Armando menyebut, sebenarnya ada beberapa nama lain yang wajib diwaspadai selain Habib Rizieq Shihab. Menurut dia, nama-nama itu tak kalah bengis saat melontarkan pernyataan, serta tak kalah menebarkan kebencian di ruang publik.

Hal itu disampaikan Ade Armando saat menjadi narasumber di Tagar TV, disitat dari kanal Youtube-nya, Sabtu 21 November 2020. Lantas siapakah orang-orang yang dimaksud?

Sebelum ke sana, Ade lebih dulu menjelaskan jika tak menutup kemungkinan dengan hadirnya Rizieq ke Tanah Air, pendukungnya akan semakin besar. Hal ini lantaran diduga memang ada banyak pendukung yang tersesat memframe-kan bagaimana seorang ulama dan tokoh agama yang baik.

“Maka itu, yang harus terus menerus dilakukan adalah membuka mata masyarakat bahwa orang-orang semacam ini tidak layak dijadikan semacam ulama. Tidak layak dijadikan pemuka agama yang penting didengar pendapatnya,” kata Ade.

Menurut Ade Armando, selain Habib Rizieq, ada sejumlah nama-nama lain yang patut diwaspadai. Salah satunya, kata Ade, adalah pendakwah kondang Ustaz Abdul Somad.

Habib Rizieq dan Sayyid Ahmad Al Maliki (kanan Habib Rizieq)
Habib Rizieq dan Sayyid Ahmad Al Maliki (kanan Habib Rizieq). Foto Twitter @HabibRizieq_ID

“Ustaz Maheer At Thuwailibi yang kemarin juga sama kasarnya, sama agresifnya, kita juga tahu ada nama Ustaz Zulkarnain, lalu Ustaz Abdul Somad yang pernah bilang di dalam salib ada setan,” katanya.

Ade Armando: Habib Rizieq harus dibersihkan

Atas sejumlah nama tersebut, Ade Armando kemudian meminta agar nama-nama di atas, termasuk Habib Rizieq Shihab harus dibersihkan. Dalam artian, kata dia, mereka tidak boleh lagi mengajarkan umatnya untuk menghina agama orang lain.

Dalam hal ini, Ade mengaku sangat sedih jika melihat sikap Majelis Ulama Indonesia. Sebab MUI seolah bungkam menghadapi sosok-sosok seperti Habib Rizieq dan kawan-kawannya.

“Kalau saja MUI berani bicara keras, keras dalam artian ya harus diingatkan dong, bahwa Rizieq Shihab kok masa di acara maulidan ngomong lonte. Anda boleh marah, tapi Anda harus jaga kata-kata Anda, karena Anda mewakili ulama di Indonesia,” katanya.

Habib Rizieq Syihab sapa pendukungnya di Petamburan III
Habib Rizieq Syihab sapa pendukungnya di Petamburan III. Foto Antara/Livia Kristianti

Pada kesempatan itu, Ade Armando justru mengagumi keberanian selebriti Nikita Mirzani yang terang-terangan meladeni Habib Rizieq. Sampai kemudian, artis yang dikenal nyablak dan seksi itu banjir dukungan dari sebagian publik.

Hal itu pula yang tidak keluar dari politisi lain, selebriti lain, dan orang-orang yang punya pengaruh di negeri ini ketika menghadapi Rizieq Shihab. Diam.

“Saya kagum. Sebenarnya begini, orang tuh menjadi sangat kagum dan sangat mengeluh-eluhkan Nikita karena saya percaya ada jutaan orang yang punya perasaan yang sama mengenai Rizieq, soal pulangnya Rizieq, dan bikin keributan.”

“Banyak orang yang bilang, kenapa sih dia enggak di Arab lagi, kita tenang tanpa ada Rizieq, pas dia pulang bikin macet, ulah dan sebagainya. Dan tiba-tiba ada seorang Nikita yang sembarangan menyebut Rizieq sebut tukang obat.”

“Seperti mewakili banyak orang, dan orang lain tidak mau melakukannya, seperti banyak selebriti lain diam saja, politisi juga diam saja,” kata Ade.

Sumber Berita / Artikel Asli : Hops

Berikan Komentar Anda :

comments

Loading...