Ada Ledakan Granat di Monas, Fadjroel Pastikan Agenda di Istana Tetap Jalan

97

Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi Fadjroel Rachman mengatakan agenda Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan dipastikan tetap berjalan sesuai rencana pascaledakan granat asap di kawasan Monas pada Selasa (3/12/2019) pagi.

Bahkan, kata Fadjroel, agenda Presidential Lecture Internalisasi dan Pembumian Pancasila di Istana Kepresidenan yang digelar siang ini akan tetap berjalan.

“Istana baik-baik saja. Agenda-agenda (internal) semuanya jalan. Terus jam 14.00 ada Presidensial Lecture Tentang Pancasila enggak ada yang ditunda,” ujar Fajdroel di Kawasan Monas, Jakarta pada Selasa (3/12/2019).

Fadjroel mengatakan pengamanan di Istana Kepresidenan tidak diperketat pascaledakan granat asap di Monas.

“Biasa aja, enggak diperketat, di sini saja yang diperketat,” ucap dia.

Fadjroel mengatakan, Jokowi sudah mendengar kabar ledakan di Monas dari televisi. Jokowi juga memerintahkan agar pelaku peledakan di Monas ditindak tegas.

“Pak Jokowi tegas, segala tindak kekerasan apapun motifnya harus ditindak secara tegas-tegasnya. Itu saja hari ini. Kita serahkan kepada pihak kepolisian, untuk menginvestigasi, kita tunggu lah,” katanya.

Ketika ditanya kemungkinan Jokowi mengunjungi lokasi ledakan granat asap, Fadjroel mengaku belum mengetahuinya.

“Belum tahu, nanti aku mau ketemu, terkait kondisi terakhir di sini (TKP Ledakan Granat),” katanya.

Sebelumnya, polisi memastikan ledakan di Monas karena granat asap yang meledak. Pernyataan tersebut disampaikan Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Edy Pramono bersama Pangdam Jaya Mayjen TNI Eko Mardiono saat menggelar jumpa pers di kawasan Monas pada Selasa (3/12/2019).

Dua anggota TNI yang menjadi korban dalam ledakan tersebut, yakni Serka Fajar dan Praka Gunawan. Sebelum ledakan terjadi, keduanya menemukan satu granat asap ketika melakukan olah raga rutin setiap Selasa.

Saat menemukan granat asap yang terbungkus plastik itu, Serka Fajar memegangnya menggunakan tangan kiri. Di saat itulah granat asap tersebut tiba-tiba meledak. Akibat ledakan itu, Serka Fajar mengalami luka cukup serius di pergelangan tangan kirinya dan jari tangan kanannya juga mengalami luka. Tak hanya itu, bagian dada hingga ke leher Serka Fajar juga mengalami luka bakar.

Sementara Praka Gunawan mengalami luka ringan di sekitar tangan dan kaki karena terkena percikan ledakan granat asap tersebut.

“Kedua korban saat ini sudah dibawa dan dirawat ke RSPAD Gatot Subroto,” ujar Gatot Edy. suara

Comments

comments

Loading...